Dinkes Sumenep Dituntut Transparan dalam Gunakan Dana Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) BELUM JELAS: Sebagian besar anggaran penanganan Covid-19 di Dinkes Sumenep digunakan untuk penyediaan alat kesehatan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Mendapat tambahan anggaran hingga Rp10 miliar untuk penanganan Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep akan lebih banyak mengalokasikan untuk ketersediaan alat kesehatan (alkes).

Sayangnya, Dinkes belum berani transparan mengenai rincian kegiatan dari anggaran untuk keterseiaan alkes khusus Covid-19 itu.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinkes Sumenep Agus Mulyono mengakau masih akan mengkoordinasikan hal itu dengan bidang yang menangani.

“Setau saya anggaran tersebut sekitar Rp10 miliar lebih. Dana tersebut akan digunakan untuk peralatan kesehatan khusus Covid-19,” ungkap Agus, Selasa (24/08/2021).

Dia mengatakan, dana tersebut sementara sudah terserap senilai Rp6 miliar untuk pembelian masker, alat cuci tangan, peralatan alat kesehatan, hand sanitizer dan disinfektan serta lainnya.

Menurutnya, setiap kegiatan yang sudah dianggarkan tersebut tidak dihabiskan semua. Dana diminta sesuai kebutuhan yang ada. Sehingga, anggaran tidak terbuang sacara sia-sia.

“Saya masih cek ulang mengenai anggaran untuk alkes khusus Covid-19,” ucap Agus singkat lantaran mengaku belum mengetahui secara detail penggunaan anggaran penanganan Covi-19 yang ditambah itu.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Sumenep Sami’oeddin menyarankan agar setiap penggunaan anggaran perlu dibuka ke publik, termasuk dana khusus Covid-19 di Dinkes Sumenep.

“Jika ada yang dirahasiakan mengenai kepentingan umum atau masyarakat, maka patut dipertanyakan,” ucap dia.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, sebenarnya masalah anggaran bukan dirahasiakan. Sebab, rahasia tersebut bisa menimbulakan kesalahan yang fatal. Misalnya adanya kecurigaan dari pihak lain. Sehingga menimbulkan persoalan di kemudian hari.

“Saat ini harus terbuka pada publik,” tegas Sami’oeddin. (imd/waw)

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *