oleh

Dinsos Bangkalan Akan Menertibkan Amal Masjid di Sepanjang Jalan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Dinas Sosial (Dinsos) Bangkalan berancana menertibkan kegiatan amal masjid yang ada di sejumlah jalan raya di Kabupaten Bangkalan, Senin (14/9/20).

“Bahkan yang minta-minta (amal-amal) itu, di situ ada kewenangan kami untuk menertibkan itu,” kata Kepala Dinsos Bangkalan, Wibagio Suharto.

Wibagio mengatakan, penertiban itu dilakukan agar amal yang diperoleh oleh masjid yang melakukan kegiatan tersebut jelas peruntukannya.

“Jadi dia harus mendaftar ke kami (Dinsos) dan melaporkan hasilnya berapa dan digunakan untuk apa, tapi sampai saat ini kadang kami repot juga,” jelas dia.

“Kami tidak bermaksud harus menyetor ke pendapatan asli daerah (PAD), tapi agar tujuannya itu sah,” imbuh Wibagio.

Bahkan, pihaknya telah diminta oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jaa Timur untuk menertibkan amal masjid tersebut.

“Kemarin baru ada sosialisasi dari provinsi terkait itu, untuk ditertibkan. Kami ingin tahu aja, takutnya disalahkan gunakan, itu saja,” ujarnya.

Tidak hanya di Bangkalan, di sejumlah ruas jalan nasional yang ada di Pulau Madura terdapat masyarakat yang meminta amal untuk kepentingan pembangunan masjid.

Dalam meminta amal untuk masjid, mereka biasanya menggunakan microfon dan tiang-tiang kecil di tengah jalan.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang warga Bangkalan Ahmad Sofyan mengatakan, sepanjang jalan di Madura memang terdapat orang yang meminta amal untuk pembangunan masjid.

“Memang benar di Madura khususnya di Bangkalan banyak sekali yang meminta sumbangan untuk amal masjid,” katanya

Sofyan juga berharap ketika Dinsos akan menertibkan kegiatan minta sumbangan tersebut, pihak panitia amal harus mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh Dinsos.

“Kalau memang nantinya ada kebijakan lebih lanjut, panitia amal seharusnya menghargai kebijakan pihak Dinsos,” pungkasnya. (02km/waw)

Komentar

News Feed