oleh

Dinsos Bangkalan Sumbang Rp75 Juta untuk Bantuan Air Bersih

Kabarmadura.id/Bangkalan-Memasuki musim kemarau, hampir semua desa di Bangkalan mengalami kekeringan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan kemudian mengambil langkah seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni memberikan bantuan air bersih ke desa-desa yang membutuhkan, Selasa (15/9/20).

Dinas Sosial (Dinsos) Bangkalan turut memberikan bantuan Rp75 juta yang dikelola oleh BPBD Bangkalan. Bantuan itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) APBD untuk Dinsos Bangkalan.

“Jadi Rp75 juta itu memang untuk bantuan yang diadakan di DAK, sebelumnya memang kita anggarkan, anggaran murni itu sudah kami ajukan, karena ada refocusing akhirnya kan ditarik semua,” ujar Kepala Dinsos Bangkalan Wibagio Suharto.

Namun ketika ada refocusung, dikembalikan lagi ke Dinsos.

“Di DAK karena sekarang musim kemarau sekarang dikasih lagi ke kami” terang Wibagio.

Wibagio mengatakan, Rp75 juta itu termasuk keseluruhan dana yang diperlukannya dalam proses pelaksanaan bantuan.

“Rp75 juta itu termasuk untuk sarana prasarana, airnya, dan petugasnya, karena apa disni kita hanya ada tiga kendaraan atau tiga tangki air, setelah saya cek ternyata butuh suku cadang juga, makanya Rp75 juta itu artinya untuk keseluruhan kebutuhan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wibagio menjelaskan saat ini karena BPBD Bangkalan juga menganggarkan, maka untuk pelaksanaannya BPBD yang melaksanakan.

“Namun, karena di BPBD sudah ada anggaran, maka sementara ini BPBD yang melaksanakan, nanti ketika DAK ini sudah disahkan ya mungkin tim BPBD bisa menyerahkan ke kita,” tegasnya

Kasi Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Bangkalan Sukardi menambahkan, terakhir telah mengirimkan 200 (dua ratus) kali tangki air ke masing-masing desa, sesuai dengan permintaan kepala desa di Bangkalan.

“Kurang lebih dua ratus kali pengiriman tangki air, yang tersebar ke desa-desa di Bangkalan,
Tergantung usulan dari kepala desa, lalu direkap oleh kecamatan,” pungkasnya.(02km/waw)

Komentar

News Feed