oleh

Dinsos Pamekasan: Operator Desa Hambat Pendataan DTKS

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan mengaku kesulitan dalam merampungkan pendataan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Sebab, mayoritas operator di tingkat desa kurang perhatian terhadap update-nya perkembangan datanya.

Kepala Dinsos Pamekasan Moh. Tarsun menegaskan, tingkat kevalidan DTKS akan terus berubah. Pihaknya terus memperbaharui secara berkelanjutan data sesuai dengan 5 kategori yang masuk pada DTKS. Namun, yang menjadi kendala besarnya dalam setiap melakukan pendataan, kata Tarsun, ialah kurang perhatiannya para operator desa terhadap pendataan yang menjadi tugasnya.

“DTKS sifatnya dinamis; setiap waktu harus diverifikasi. Sebab, bisa saja ada masyarakat yang kesejahteraannya naik atau turun, diverval ulang, dalam data tidak ada yang valid,” paparnya, Selasa (30/3/2021).

Dijelaskan, DTKS terbagi ke 5 kategori: sangat miskin, miskin, hampir miskin, rentan miskin, dan sejahtera.

Dalam prosesnya, kata Tarsun, kendala yang sangat lumrah berupa kurangnya partisipasi desa. Bahkan, ada desa yang kurang menghiraukan terhadap updating DTKS, sehingga bisa menghambat proses data final DTKS. Pada prinsipnya, peran petugas desa sangat penting untuk selesainya DTKS.

“Kalau desanya tidak bisa, Dinsos tidak bisa berbuat apa-apa. Kami hanya meneruskan. Untuk menilai seseorang itu miskin, masuk orang fakir miskin itu, Dinsos tidak tahu karena kami bukan orang di desa,” paparnya.

Dia juga menegaskan, untuk DTKS 2021, sejatinya sudah diselesaikan oleh pihaknya. Namun, masih menunggu sinkronisasi NIK dari setiap warga yang masuk pada DTKS. Ada program dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk pencairan bansos ke depan, harus berdasar pada DTKS.

“Ada aturan dari KPK Nomor 11 2020, bahwa acuan semua bansos harus dari DTKS. DTKS harus ada NIK-nya. Jadi, sekarang masing sinkronisasi NIK, sudah selesai. Di bulan Oktober, November, Januari sudah. Kami tunggu finalisasi dari Kemensos,” tukasnya. (rul/nam)

DTKS Per Oktober 2020

Kategori                                 Jumlah Rumah Tangga

Sangat miskin                          74.398

Miskin                                     36.938

Hampir miskin                        17.844

Rentan Miskin                         8.796

Sejahtera                                 633

Jumlah                                     138.609

 

Komentar

News Feed