oleh

Dinsos Pamekasan: Penerima BPNT Sudah Bisa Mencairkan

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Masyarakat yang terdaftar dalam keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Pamekasan akhirnya bisa tersenyum lebar. Sebab, bantuan yang diperuntukkan untuk keluarga yang kurang mampu itu sudah bisa dicairkan. Rabu, (31/3/2021).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Moh. Tarsun melalui Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Suyitno menyampaikan, KPM penerima program saat ini sudah bisa mencairkan BPNT tersebut melalui warung gotong royong elektronik (e-warong).  Sebelumnya bantuan BPNT mengalami penundaan karena adanya perbaikan data dari pusat sehingga masyarakat harus bersabar.

“Setelah sempat dihentikan satu bulan karena perbaikan data, hari ini KPM BPNT sudah bisa menerima haknya lagi,” terang Suyitno.

Namun Suyitno mengatakan, pencairan BPNT kali ini akan dilakukan secara bertahap. Karena, proses validasi data KPM BPNT masih berjalan. Di tahap pertama yang bisa mencairkan BPNT sebanyak 24.585 KPM dari jumlah total penerima sebanyak 101.408 KPM.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, untuk pencairan BPNT tahap kedua masih menunggu proses perbaikan data validasi dari pusat. Karena pihaknya tidak bisa menyalurkan BPNT sebelum adanya surat perintah dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Untuk tahap kedua insya Allah akan cair Bulan April ini. Tapi angka belum dipastikan akan seperti tahun yang lalu karena saat ini masih dalam tahap perbaikan,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada seluruh KPM penerima BPNT di Bumi Gerbang Salam untuk bersabar dengan adanya penundaan tersebut. Karena penundaan sendiri bukan hanya terjadi di Pamekasan namun daerah lain juga mengalami hal seperti itu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pamekasan Syafiuddin meminta kepada dinas terkait, untuk terus melakukan pengawasan pencairan BPNT terhadap KPM. Ia tidak ingin ada pihak yang memanfaatkan atau sengaja mengambil keuntungan dari program BPNT.

“Pencairan BPNT ini harus terus dikawal. Agar penyalurannya sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh pusat, ” tukasnya. (km60/mam)

 

Komentar

News Feed