oleh

Dinsos Pamekasan Perluas Penyemprotan Desinfektan ke Ponpes

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan, melakukan penyemprotan desinfektan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui taruna siaga bencana (Tagana), Senin (3/8/2020).

Kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Desa Bandungan Kecamatan Pakong itu berjalan dengan lancar. Di lokasi itu, Tagana Dinsos Pamekasan melakukan penyemprotan daerah ponpes sekitar 1 jam, meliputi masjid, madrasah, asrama dan lokasi sekitar yang sering menjadi lokasi lalu lalang para santri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Pamekasan Moch Tarsun melalui Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Herman Hidayat Santoso mengatakan, semua lini saling bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami berupaya seperti itu sama dengan OPD lainnya. Kami bekerja maksimal sesuai tupoksi dan petunjuk dari tim satgas Covid-19 dengan melibatkan tagana,” ungkapnya.

Herman menjelaskan, penyemprotan desinfektan yang tersebar di 13 kecamatan itu sudah mencapai 21 titik. Tentunya kegiatan itu sudah melalui koordinasi dengan OPD lain. Dirinya mengungkapkan, saat ini yang menjadi prioritas penyemprotan adalah lembaga pendidikan dan pondok pesentren.

“Itu kami lakukan untuk memastikan tempat belajar steril dari Covid-19, sehingga anak didik dan pengasuh benar-benar aman dari Covid-19,” tuturnya.

Dia menjabarkan, penyemprotan desinfektan dimulai pada awal Juli lalu. Seditinya, ada tiga kali penyemprotan di lokasi berbeda yang dilakukan tim tagana dalam setiap pekan.

Kendati demikian, dirinya mengaku upaya yang dilakukan pemerintah akan terasa percuma, jika semua elemen masyarakat tidak disiplin untuk menjaga diri terhadap kemungkinan terinfeksi Covid-19.

“Kami merencanakan penyemprotan ini sampai Desember 2020 mendatang, semoga saja Kabupaten Pamekasan menjadi kuning, hingga sampai menjadi hijau,” tandasnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Darul Ulum Bandungan, Kecamatan Pakong, Ahmad Zaini Dahlan menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan, utamanya Dinsos yang telah bersedia untuk melakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus wabah Covid-19.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pamekasan telah melakukan penyemprotan desinfektan,” pungkasnya. (rul/pin/*)

 

Komentar

News Feed