Dinsos Pamekasan Siapkan 220 Kilogram Beras untuk 22 Ribu KPM BST

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) BANSOS: Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) mendapat tambahan bantuan 10 kg beras.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan menyiapkan 220 ribu kilogram  beras untuk 22 ribu penerima bantuan sosial tunai (BST). Setiap orang akan menerima sebanyak 10 kg. Bantuan tersebut sebagai tambahan bantuan uang tunai Rp300 ribu setiap bulannya.

Di sisi lain, merujuk pada data penerima BST tahun 2020, ada sekitar 4000 orang yang dari total penerima sebanyak 26 ribu orang. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Moh, Tarsun mengungkapkan, data penerima bantuan 10 kg beras yang dikhususkan kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) BST berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk pemerintah kabupaten (pemkab) hanya sebagai penyalur yang didistribusikan kepada masing-masing KPM melalui pemerintah desa (pemdes) di 13 kecamatan, berjumlah 22 ribu KPM.

“Pengajuan dari awal bukan semata-mata dari dinsos. Ada data dari pusat ke kami 20 ribu, berdasar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sementara Pamekasan 26 ribu, kami mencari sekitar 5 ribu orang, sementara seribu orangnya dari pusat, 5 ribu itu kami minta ke desa-desa, jadi data awal penerima BST 26 ribu,” tuturnya, Minggu (8/8/2021).

Adapun untuk progres penyaluran berasnya sedang berlangsung. Sedangkan untuk penyaluran BST-nya sudah sampai 90 persen kepada sekitar 22 ribu orang sehingga berkurang 4.000 KPM dari awal penerima BST yang diputuskan pemerintah pusat.

“Jadi penerima BST selain mendapatkan uang, juga mendapatkan tambahan bantuan beras sebanyak 10 kg,” ulasnya.

Selanjutnya, Tarsun menjelaskan, pemberian bantuan beras tersebut hanya hanya sekali, selama masa darurat Covid-19. “Untuk alasan kenapa kementerian menghapus, kami tidak tahu. Cuma kalau memang dari desa itu ada usulan, kami sampaikan ke Kemensos,” tukasnya. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *