Dinsos Pamekasan Tidak Anggarkan Bansos Khusus untuk Janda

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) BANSOS: Dinsos Pamekasan belum berani berikan bansos untuk para janda karena jika miskin, akan masuk dalam kategori warga miskin.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan tidak bisa memberikan bantuan sosial (bansos) kepada para janda di Kabupaten Pamekasan yang terdampak Covid-19. Hal itu, sebagaimana disampakkan Kepala Dinsos Pamekasan, Syaiful Anam, karena sejauh ini masih belum ada aturan yang memperbolehkan penggunaan bansos khusus kepada para janda.

“Kami tidak punya kewenangan itu, karena regulasinya masih belum kami terima, apakah dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) ataupun APBN,” ungkapnya, Selasa (5/5/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam upayanya memberikan jaminan sosial kepada seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19 di Pamekasan, sudah dilakukan beberapa langkah kebijakan, namun untuk para janda yang masuk kategori dalam keluarga miskin, yang jelas sudah tercover kepada bansos yang telah tersedia.

“Secara teknis, yang terdampak adalah pekerja harian, yang sifatnya rentan miskin, kalau PKH dan program sembako sudah jelas aturannya dari pemerintah pusat,” paparnya.

Dia juga akan terus berupaya mengupdate data penerima yang bisa dicover olehnya, yakni penerima bansos tedampak isolasi, dan penerima bansos Forum Becak dan Ojek (Forbek) Pamekasan, agar masyarakat yang terdampak Covid-19 bisa mendapat jaminan sosial.

“Data penerima terus akan kami update agar tidak ada tumpang tindih bantuan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Harun Suyitno meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dalam mendata dan memberikan bansos yang kepada semua masyarakat yang terdampak Covid-19, tidak ada tumpang pilih, sebab untuk anggarannya sudah berkisar Rp68 miliar.

“Untuk anggaran Covid-19 sudah jelas peruntukannya, itu dipergunakan seluas-luasnya untuk yang terdampak, para janda sudah termasuk orang yang terdampak, semuanya harus tercover,” pungkasnya. (rul/bri/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *