Dinsos Pamekasan Tidak Mampu Lagi Bantu Lansia

  • Whatsapp
IRONI: Di tengah besarnya anggaran untuk pengentasan kemiskinan, masih banyak ditemukan warga miskin luput dari bantuan.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Program bantuan untuk penduduk lanjut usia (lansia) di Pamekasan, terkesan sekadar formalitas belaka. Kegiatan tersebut hanya berhasil dilakukan pada tahun 2018 lalu. Pada tahun sebelumnya dan 2019 ini, Dinas Sosial Pamekasan sudah tidak mampu lagi memprogramkan hal itu.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Pamekasan Fatmawati menyampaikan, bantuan lansia hanya diperuntukkan pada tahun 2018, pada tahun sebelumnya hingga sekarang tidak ada bantuan terkait hal itu. Pada tahun lalu, lansia di Pamekasan yang mendapat bantuan hanya sebanyak 250 orang.

Mengenai alasan tidak lagi memprogramkan kegiatan tersebut, hanya dijelaskan karena tidak mampu. Tidak dijelaskan lebih lanjut yang dimaksud tidak mampu tersebut. Fatmawati hanya menjelaskan, pada tahun 2019 ini, Dinaos tidak lagi memprogramkan kegiatan tersebut karena sudah dilakukan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Pamekasan.

“Itu hanya kemampuan dinsos untuk lansia yang memperoleh bantuan. Kami belum sempat memprogramkan lagi. Sebab, kemampuan kami hanya sebatas itu,” katanya, Selasa (2/7).

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kabupaten Pamekasan Syaifullah Farid Wadjdi mengatakan, program bantuan lansia hanya diberikan saat peringatan Hari Lansia. Bantuan itu hanya berupa bingkisan dan hanya difokuskan untuk lansia dari golongan perempuan sebanyak 60 orang.

“Tahun sebelumnya jumlah penerima sama,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Mohammad Sahur mengatakan, bantuan kemiskinan atau pendataan lansia harus dilakukan. Sebab, masyarakat sangat membutuhkannya.

“Dinsos harus terus berupaya untuk memaksimalkan perogram kemiskinan,” pungkasnya. (km45/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *