oleh

Dinsos Sumenep Pastikan Hanya KPM PKH yang Terima Beras Bulog

KABARMADURA.ID, Sumenep -Tidak semua unit bantuan bisa diganti dengan beras bulog. Terutama bagi penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) yang direalisasikan melalui E-Warung. Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, hanya satu jenis bantuan yang saat ini masih bekerjasama dengan buog dalam perialisasian bantuan. Sehingga, keluarga penerima manfaat (KPM) masih bebas memilih jenis beras sesuai dengan kebutuhannya. “Hanya bantuan beras yang diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) yang menerima bulog,” ujarnya.

Dia menegaskan untuk program BPNT yang saat ini sudah berganti pada program sembako masih mengikuti mekanisme pasar. Sebab KPM mutlak mempunyai kebebasan dalam mendapatkan kualitas, sebagaimana membeli di pasar.

Mantan Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga di Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) itu, secara teknis proses pengawasan hingga realisasi bantuan dilakukan dengan ketat.

Sehingga dipastikan tidak akan terjadi kasus lama, yaitu KPM banyak menerima tidak sesuai spesifikasi, atau dua kali 15 kg beras untuk bantuan sosial. “Kami tetap memastikan untuk E-Warung tetap mengikuti mekanisme atau aturan pasar, tidak ada intervensi ke merk tertentu,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Sumenep,  Roza Ardi Kautsar mengatakan, secara teknis memang dinas terkait lebih memahami medan. Sehingga untuk pengawasan dan pembinaan jika diperlukan dipasrahkan ke dinsos sebagai leding sektor.

Politisi Partai Nasdem itu juga menjelaskan secara prosedur jika ada temuan masyarakat bisa melaporkan ke dinsos, atau ke para wakil rakyat untuk menindaklanjutinya. Namun dalam beberapa bulan terakhir ini sudah bisa dikendalikan kasus lama yang kurang menguntungkan kepada masyarakat.

“Kami perhatikan, sejauh ini sudah bisa diminimalisir, tidak berarti kami harus lengah, pengawasan dan sebagainya memang tetap disiagakan,” responnya. (ara/ito)

Komentar

News Feed