Dipangkas Jadi Rp100 Juta, Bantuan Penguatan Modal Hanya untuk 2 Desa

  • Whatsapp
(KM/Razin) BANTUAN: Pemerintah pusat kembali mengucurkan bantuan melalui DPMD

Kabarmadura.id/Sumenep Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep menyampaikan, bantuan penguatan modal dari Kementerian Desa (Kemendes) tahun ini dipangkas. Jika pada tahun 2019 nilai bantuan mencapai Rp900 juta, tahun ini hanya ada Rp50 juta dengan masing-masing desa akan mendapatkan Rp50 juta.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Tabrani menyampaikan, bantuan tersebut akan disalurkan melalui BUMDes sebagai tambahan modal.

“Tapi kan tidak semua BUMDes, karena itu memang untuk penguatan modal baik usaha maupun yang lainnya. Makanya kami itu mencari desa yang benar-benar membutuhkan dan siap untuk mengembangkan bantuan tersebut, apalagi sekarang jumlahnya sangat sedikit dari tahun kemarin,” katanya, kemarin.

Tabrani menambahkan, hanya ada 2 desa yang sudah dinyatakan siap menerima bantuan tersebut, yakni Desa Dungkek dan Pasongsongan. Tetapi menurutnya, bantuan tersebut bisa menyasar BUMDes atau kelompok lain yang secara legalitas sudah diakui oleh masing-masing desa, karena memang sangat diharapkan bantuan tersebut mengurangi jumlah pengangguran-pengangguran yang berada di desa.

“Tetapi memang sementara ini bantuan dari kemendes itu masih belum turun, jumlahnya per desa 50 juta per desa. Hanya sekali bantuan tersebut dalam setahun, cairnya juga langsung tidak bertahap dan langsung ke rekening desa,” imbuhnya.

Selain itu, walaupun proses pencarian bantuan tersebut berwujud uang, tetapi untuk penggunaan dan pemanfaatan harus benar-benar diperhatikan. Karena bantuan tersebut harus dibelanjakan barang yang fungsinya awet.

“Harus dibelikan barang yang sifatnya awet, seperti belikan viar, traktor atau yang lainnya. Yang terpenting, ketika kami sesekali datang melakukan peninjauan maka barang tersebut harus berfungsi dan ada wujudnya,”pungkasnya. (ara/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *