oleh

Diplenokan Tertutup, Syarat Pencalonan Pilbup Sumenep Langsung Dinyatakan Lengkap

Kabarmadura.id/SUMENEP-Setelah dipastikan bahwa waktu pelaksanaan Pilkada Sumenep 2020  tidak berubah, yakni 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep langsung menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas persiapan laporan awal dana kampanye dan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumenep.

Rapat yang melibatkan 14 orang tersebut, dilakukan secara pleno dan tertutup. 14 orang itu merupakan undangan yang telah ditetapkan KPU Sumenep, baik dari perwakilan partai pengusung dan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumenep.

Dalam rakor itu hanya terlihat bakal calon wakil bupati Sumenep Dewi Khalifah, sedangkan dari bakal calon yang lain diwakili oleh partai pengusungnya.

Ketua KPU Sumenep A. Warits menyampaikan, ada amanat Peraturan KPU yang harus menetapkan bakal calon dengan diplenokan secara tertutup. Hal itu akan dilakukan selapas rapat koordinasi tersebut.

“Untuk penetapan pasti hari ini , yang tadi itu hanya rapat koordinasi,” jelasnya, Rabu (23/9/2020).

Dalam penetapan itu, hanyalah dilakukan oleh lima komisioner KPU Sumenep, tanpa ada perwakilan dari bakal calon bupati dan wakil bupati.

“Setelah dilakukan penetapan, maka akan kami upload di laman KPU Sumenep, dan papan pengumuman,” ujarnya.

Dokumen pencalonan, tambah A. Warits, sejatinya sudah lengkap dari awal. Hanya saja, masih butuh beberapa perbaikan. Sehingga per 22 September 2020 pukul 00:00 WIB, dokumen syarat pencalonan bupati dan wakil bupati Sumenep sudah dinyatakan lengkap.

Menurut dia, bahan kampanye per item maksimal senilai Rp60.000, sedangkan untuk dana kampanye masih belum ditentukan. Apabila sudah ada ketetapan batasan dana kampanye, kemudian ada dana kampanye yang melebihi kapasitas, maka secara otomatis akan masuk ke kas negara.

“Untuk rekening kampanye akan ada batasan. Akan kami terbitkan nanti setelah selesai rapat koordinasi dengan calon bupati dan calon wakil bupati terkait batasan dana kampanye, tentunya itu akan diterbitkan sebelum masa kampanye dimulai,” pungkasnya. (01km/waw)

 

Komentar

News Feed