Diproyeksikan Tambah PAD, Komisi A Usulkan Adanya Pemutihan IMB

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) DIBANGUN: Kawasan perumahan yang ada di Bangkalan

Kabarmadura.id/Bangkalan– Maraknya pembangunan perumahan yang tidak mengantongi izin resmi menjadi sorotan Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan. Sebelumnya, pihaknya telah memanggil dinas terkait yakni Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan untuk memastikan izin 2 bangunan yang diduga ilegal.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Bangkalan Ha’i menyampaikan, pihaknya akan mengusulkan pemutihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara massal. Hal tersebut dia usulkan agar bangunan di kota Zikir dan Salawat ini memiliki izin bangunan, sehingga yang tak berizin, agar diminta segera melakukan pemberkasan IMB.

Bacaan Lainnya

“Kami Komisi A sepakat akan menyarankan pemutihan IMB ke dinas perizinan, yang tidak memiliki izin segera mengurus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ha’i menyampaikan, wacana ini dilakukan untuk memberikan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang banyak dipangkas untuk penanganan Covid-19. Dengan begitu, diharapkan bisa memberikan kontribusi besar di bidang pembangunan.

“Wacana pemutihan IMB di Bangkalan ini diharapkan agar bisa meningkatkan PAD kami,” tuturnya.

Ketua Komisi A DPRD Bangkalan Mujibburrahman mengingatkan, agar pelaku pembangunan atau developer untuk mengurus ijin sebelum melakukan pembangunan. Pihaknya juga meminta ada tindakan pengurusan perizinan bangunan kos-kosan yang selama ini juga banyak belum memiliki izin.

“Dengan ini tentunya PAD yang terpangkas ada pemasukan dan bisa dimaksimalkan kembali,” tuturnya.

Terpisah, Kepala DPMPTSP Bangkalan Ainul Ghufron saat dikonfirmasi belum memberikan respons mengenai usulan ini. Saat dihubungi via seluler, pihaknya belum memberikan keterangan mengenai usulan pemutihan IMB tersebut. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *