oleh

Disdik Bangkalan: 60 Persen Guru Bersertifikasi belum Setor Absen

KABARMADURA.ID, Bangkalan -Jumlah guru yang sudah bersertifikasi jumlahnya sudah mencapai ribuan. Hal itu tercatat di Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan pada tahun ini sudah ada 3.080 guru memiliki sertifikasi. Jumlah tersebut diharapkan mampu menunjang kualitas pendidikan, terutama dalam  menekan siswa putus sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan M. Zainul Qomar mengatakan, bagi guru yang sudah bersertifikasi segera  menghubungi pihak sekolah untuk mengurus persyaratan dalam pencairan tunjangan sertifikasi.

Dikatakan Zainul, salah satu syarat misalnya surat keputusan penerima tunjangan profesi pendidik (SKTP) oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Syaratnya harus terpenuhi misal jam mengajar harus 24 jam per minggu lalu didaftarkan baru SKTP keluar,” ujarnya, Kamis (15/10/2020).

Ditambahkan Zainul, dari sekian guru yang bersertifikasi hanya sebagian yang melengkapi persyaratan. Diantaranya absen dan SKTP.

”Saat ini SKTP baru 50 persen dan yang nyetor absennya baru 60 persen, itu yang Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk yang non PNS langsung ke pusat,” kata Zainul.

Namun, lanjut Zainul, meskipun demikian Disdik hanya dapat menyampaikan jika terdapat keterlambatan dalam menyetor absen. Urusan absen yang bertanggung jawab yakni kepala sekolah masing-masing.

Sementara itu, Staf Keuangan Disdik Yasin mengatakan,  dinasnya hanya melakukan pendataan dan menyiapkan berkas-berkas, untuk pencairannya  langsung masuk  ke rekening penerima. Untuk pencairannya setiap tiga bulan sekali. Jadi kalau tiga bulan, berarti tiga kali gaji pokok.

“Meskipun non PNS bisa dapat sertifikasi asalkan memenuhi persyaratan,” tukasnya. (km56/mam).

 

 

 

 

Komentar

News Feed