oleh

Disdik Bangkalan Akui Anggaran untuk Pendidikan SD Minim

Kabarmadura.id/Bangkalan-Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, menganggarkan Rp3 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020, untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan tingkat sekolah dasar (SD) yang ada di wilayah setempat itu, dinilai masih minim.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD) Disdik Bangkalan Moh Ya’qub menyampaikan, APBD untuk menunjang kegiatan peningkatan sekolah dasar hanya Rp3 miliar. Anggaran itu menurutnya, masih sangat minim melihat jumlah SD di wilayah tersebut mencapai 852 SD.

Terlebih, pemanfaatan anggaran itu, akan diperuntukan terhadap sejumlah kegiatan, baik kegiatan ujian nasional, ujian kelas, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Sains Nasional (OSN), serta kegiatan penunjang program pendidikan lainnya.

“Dana Rp3 miliar sangat sedikit jika nanti sudah dicairkan ke sekolah yang ada di Bangkalan,” ungkapnya, Senin (2/12/2019)

Ya’qub menambahkan, dana Rp3 miliar di luar Dana Alokasi Khusu (DAK), namun untuk DAK sekolah dasar di Kabupaten Bangkalan sebesar Rp9 miliar. Dana itu untuk membantu kebutuhan setiap sekolah yang ada di Bangkalan.

“Saya tidak bisa menjawab untuk DAK Rp9 miliar digunakan untuk apa dan lokasinya dimana, kita belum bisa menentukan terkait dana Rp9 miliar, namun anggarannya sudah muncul untuk tahun 2020,” tukasnya. (km50/pin)

Komentar

News Feed