Disdik Bangkalan Akui Kompetensi Guru Masih Minim

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) IKHLAS: Seorang guru sedang menjelaskan pelajaran kepada siswa di kelas

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Permasalahan pendidikan di Bangkalan masih banyak, salah satunya sumber daya manusia (SDM) masih minim, terutama soal  yang menyangkut kompetensi guru yang masih jauh dari harapan

Hal tersebut diakui oleh Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Pendidik (Tendik) Disdik Bangkalan Moh. Bakrun. Dia mengungkapkan, sejauh ini kegiatan meningkatkan kompetensi guru masih terkendala wabah Covid-19. Sehingga, untuk kegiatan peningkatan mutu guru masih ditunda.

Bacaan Lainnya

“Paling tidak kompetensi gurunya, proses pencapaian pembelajarannya itu perlu ditingkatkan,” katanya, Rabu (25/11/2020).

Menurut Bakrun, dari keseluruhan guru baik yang berkategori pegawai negeri sipil (PNS) dan non PNS hanya sekitar 3 ribu guru yang sudah memiliki sertifikasi. Selain itu, untuk meningkatkan kompetensi guru ini, pihaknya mengaku, terkendala dengan anggaran.

“Kualitas gurunya harus ditingkatkan lagi, sebab jika kualitas gurunya ditingkatkan otomatis pembelajaran lebih meningkat dan outputnya bagi peserta didik lebih baik lagi,” tuturnya.

Dia berharap, kedapan dalam suasana twabah Covid-19, pembelajaran tatap muka ditiadakan dan program peningkatan kompetensi guru ditunda, dia menginginkan, guru tetap bersemangat meningkatkan mutu pembelajaran di Bangkalan.

Terpisah, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Nur Hasan menyampaikan, kesejahteraan guru wajib  diperhatikan, terutama soal kualitas dan SDM penting menjadi perhatian dinas terkait.

“Semoga kesejahteraan guru ini ditingkatkan, khususnya guru honorer. Saya juga ucapkan selamat Hari Guru Nasional semoga guru tetap menjadi lentera yang menyinari kehidupan bangsa,” pungkasnya. (ina/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *