Disdik Bangkalan Terapkan Pendaftaran Siswa Baru SD Berbasis Daring

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH SA'ED) MOH. YAQUB: Kabid Pemberdayaan SDDisdik Bangkalan

Kabarmadura.id/Bangkalan– Pendaftaran bagi siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) bakal diterapkan sistem daring. Penerapan dengan jaringan internet itu sebagai upaya untuk pencegahan Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Moh. Yaqub menjelaskan, bahwa bagi wali siswa yang ingin memasukkan anaknya sekolah tingkat dasar tidak lagi harus mendaftarkan langsung ke sekolahnya. Saat ini sudah bisa menggunakan sistem daring.

Bacaan Lainnya

“Penerapan sistem daring masih dalam tahap pembahasan,” jelasnya.
Dikatakan Yaqub, untuk fasilitas terutama perangkat komputer sebagian masih terbatas. Bahkan sebagian sekolah masih ada yang belum menyatakan kesiapan dalam menggunakan sistem daring.

Namun yang jelas, lanjut Yaqub, pihaknya akan tetap mempersiapkan perangkat bagi sekolah yang layak dan menyatakan siap dalam menerapkan pendaftaran berbasis daring.

“Sampai saat ini perangkat untuk pendaftaran berbasis daring masih belum ada, kami aka persiapkan bagi sekolah yang sudah siap,” terangnya, Rabu (13/5/2020).

Pihaknya menambahkan, bagi sekolah yang sudah menerapkan pendaftaran berbasis daringakan dijadikan sampel untuk sekolah lainnya.

Dia menambakan, petunjuk teknis penerimaan peserta didik baru (PPDB) masih belum keluar. Sehingga belum bisa membedakan pendaftaran berbasis daring dan manual.Yaqub kembali menjelaskan bahwa PPDB akan berlangsung di awal bulan Juli.

“PPDB kita akan keluarkan saat awal bulan Juli, sebab kelulusan siswa kelas enam SD bertepatan pada 15 Juni kemudian pada tanggal 20 Juni kenaikan kelas 1 sampai kelas 5 SD, setelah itu baru akan diadakan PPDB,”  jelasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah Dasar Negeri 02 Buluh Bawah Moh Rofiq menjelaskan, untuk penerimaaan siswa baru saat ini akan menerapkan dengan sistem daring.

“Pendaftaran peserta didik yang baru memang menggunakan sistem daring , agar saat wali murid mendaftarkan anaknya tidak menimbulkan keramaian, sebab wali murid kalau mendaftarkan putranya secara gerombolan,” terangnya.

Rofiq menambahkan, untuk persyaratan pendaftaran daring harus lengkap seperti nama lengkap akta kelahiran serta kartu keluarga yang dikirim melalui WhatsApp.

Pelayanan melalui WhatsApp guna untuk mencegah penularan Covid-19 sehingga jika ingin  mendaftarkan peserta didik tidak perlu datang ke sekolah. Dengan cara seperti itu setiap wali murid bisa memahami terkait teknis maupun persyaratan lainnya. (sae/mam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *