oleh

Disdik Pamekasan, BOS Tahap III Dibiarkan Menggantung

Kabarmadura.id/Pamekasan– Pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahap III  sekolah menengah pertama (SMP) belum jelas. Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan belum bisa memberikan kepastian proses pencairan dana BOS. Bahkan menegaksan jika BOS merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang pencairannya secara serentak.

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Disdik Pamekasan Ahmad Rifa’i mengatakan, dari sejumlah 34 SMP Negeri dan 154 SMP Swasta pencairan dana BOS tahap I dan II sudah dicairkan. Namun tahap III sejauh ini masih belum ada kejelasan.

“Kami masih belum memastikan kapan pencairan dari BOS tahap III, ini program nasional, jika satu kabupaten cair, pasti seluruh kabupaten kota se-Indonesia pasti cair,”ungkapnya. Senin (21/9/2020).

Ditambahkannya, untuk pencairan pada tahap ke III dipastikan bisa cair setelah ada informasi dari Kemendikbud.  Pencairan dimungkinkan tidak akan ada kendala, sebab sejauh ini pengisian data pokok pendidikan (Dapodik) tidak bermasalah.

“jika tidak ada kendala, dapodiknya sudah beres, jika persyaratan lengkap ke pusat Insya Allah pasti cair,”ujarnya.

Achmad Rifa’i memaparkan, jika dibagi tiga tahap dalam pencairannya, pada bulan September sudah masuk kepada pencairan tahap ketiga. Namun hal itu masih bergantung dari kebijakan Kemendikbud.

“Ya mungkin bisa saja akhir September, tetapi kami tidak bisa memastikan,” paparnya.

Sementar itu, Ketua Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Rida’i meminta agar dana BOS dicairkan tepat waktu. Ia meminta agar disdik tidak tinggal diam, serta terus mengawal sampai ada kejelasan pencairan dana BOS.

“Kami harapkan disdik terus berkoordinasi agar pencairan BOS tahap III bisa dicairkan, disdik harus aktif dalam mengawal, ini berhubungan dengan operasional sekolah,” tukasnya. (rul/mam)

Komentar

News Feed