Disdik Pamekasan Gelontorkan Rp7 M untuk Pembangunan 12 SMP

  • Whatsapp
Disdik Pamekasan Gelontorkan Rp7 M untuk Pembangunan 12 SMP

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menggelontorkan dana sebesar Rp7 miliar untuk pembangunan  sekolah menengah pertama (SMP) yang menyasar 12 lembaga pendidikan.

Sampai saat ini,  progresnya tidak merata, ada yang 30 persen, 40 persen, dan 60 persen. Penyebabnya yaitu model kerja yang beragam. Sementara itu, untuk pengerjaannya dibatasi hingga 3 bulan.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Disdikbud Pamekasan Ach. Rifa’I menuturkan, bahwa untuk memastikan pembangunan sesuai dengan rencana sumber anggaran dari dana alokasi khusus (DAK), dilakukan evaluasi berkala, sehingga bisa diketahui perkembangannya dari tahap awal hingga tahap akhir.

“Minggu kemarin kami melakukan monev ke ke sekolah, berkisar pada 30 hingga 60 persen, tapi bisa berkembang, berupa pengerjaan ruang rehab kelas; seperti pengecatan, pasang plafon, pasang genting, dan lainnya,” paparnya, Minggu (29/8/2021).

Berdasar data dari halaman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemerintah Kabupaten (pemkab) Pamekasan, terdapat 12 lembaga pendidikan yang  dibangun. Pembangunan terbagi menjadi 6 kegiatan, yang berfokus pada belanja modal pembangunan gedung, dan sisanya berupa belanja hibah barang.

“Penentuannya dari pemerintah pusat, pengajuan dari sekolah, kan sudah ada di data pokok pendidikan (Dapodik) semua sekarang, jadi sekolah yang mengusulkan, yang menentukan pusat,” ulasnya.

Rifa’I juga memaparkan, adanya pembangunan sekolah tersebut sebagai bentuk sarana pendukung untuk menopang efektivitas proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Jadi setiap saat kami koordinasi dengan konsultan pengawas untuk progresnya. Selain itu, kami turun langsung,” tukasnya. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *