Disdik Pamekasan Klaim Kebutuhan Guru Lebih dari Cukup

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) CUKUP: Disdikbud Pamekasan mengklaim tidak ada satu pun sekolah di Pamekasan yang kekurangan guru.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Kepala Dinas Pendididkan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini meyakini, ketersediaan guru di Pamekasan sebenarnya lebih dari cukup.

Kecukupan itu diklaim berada di semua tingkatan, mulai jenjang pendidikan usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Bahkan diklaim tidak ada satu pun sekolah di Pamekasan yang kekurangan guru.

Bacaan Lainnya

Menurut Zaini, yang dialami Pamekasan adalah kekurangan guru profesional. Sebab, sebagian besar dari mereka belum bersertifikasi guru professional. Sebab, guru idealnya harus bersertifikasi, karena sudah memiliki kompetensi, kepribadian, pedagogis, akademis, sosial dan profesional.

“Idealnya, semua guru harus bersertifikasi, itu ukuran adminisratifnya.Kalau melihat itu, guru kita (Pamekasan) masih belum seluruhnya guru professional,” paparnya, Rabu (3/2/2021).

Atas kondisi itu, yang saat ini difokuskan Disdikbud Pamekasan adalah mendorong para tenaga pendidik untuk bisa ikut dalam proses sertifikasi guru. Untuk masuk kualifikasi itu, guru harus menenuhi ketentuan, karena tesnya dilaksanakan pemerintah pusat.

“Kami harapkan terus memperbaiki kompetensi yang dimilik,”tukasnya.

Kondisi itu membuatKetua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Moh. Sahur menaruh harapan besar kepada Disdikbud Pamekasan. Dia ingin, lembaga yang mengurus pendidikan di Pamekasan itu terus menfasilitasi guru non sertifikasi untuk segera tersertifikasi, agar  mutu pendidikan bisa terus semakin membaik.

“Kami harapkan untukk terus didorong agar pelayanan pendidikan semakin berkualitas,” singkat politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *