Disdik Pasrahkan Pengawasan Pembangunan Fisik pada Konsultan Pengawas

(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MINIM PENGAWASAN: Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang memasrahkan pengawasan pembangunan fisik pada pembangunan fisik.

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Pembangunan fisik di lingkungan Dinas Pendidikan Sampang yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dinilai perlu pengawasan ketat. Sebab, selama ini hanya dipasrahkan kepada konsultan pengawas.

Sementara total anggaran pembangunan sebesar Rp19,6 miliar yang dialokasikan pada 59 paket proyek. Rinciannya yaitu 38 paket melalui lelang dan sisanya penunjukan langsung (PL).

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Disdik Sampang, Arief Budiansor mengatakan, pihaknya memasrahkan pengawasan kepada konsultan pengawas. Sebab menurutnya, konsultan pengawas sudah dibayar oleh negara, sehingga harus maksimal menjalankan kewajibannya.

Bacaan Lainnya

“Kami tidak rutin melakukan pengawasan. Jika memang melihat progres baru akan turun ke lokasi, ” katanya.

Ia juga menambahkan, Disdik bisa turun ke lokasi jika ada termin, untuk dikroscek terkait pekerjaan apakah sudah sesuai perencanaan. “Kalau kami ngecek itu saat ada termin. Dan, itu hanya capaian saja. Karena, secara legal formalnya, yang paling berkuasa dalam realisasi bangunan adalah konsultan pengawas, ” katanya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

Tinggalkan Balasan