oleh

Disdik Sampang Asah Kemampuan IT Kepala SD

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Dalam rangka meningkatkan kualitas kepala sekolah (kasek) tingkat sekolah dasar (SD), Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang menggelar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) di Gedung KPRI Trunojoyo, Sampang, Kamis (8/4/21).

Peningkatan kualitas para kasek tersebut, dalam penggunaan ilmu teknologi (IT) dan manajerial dan meningkatkan mutu pendidikan, terlebih di tengah wabah Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Sampang, Nor Alam menyampaikan, kegiatan PKB tersebut sudah terlaksana sejak tahun 2017. Namun pada saat itu hanya untuk kepala taman kanak-kanak (TK).

Pada tahun 2021 ini, kegiatan tersebut kembali digelar, tetapi bagi sekolah tingkat SD. Sedangkan untuk kasek tingkat sekolah menengah pertama (SMP), menunggu jadwal berikutnya.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas para kepala sekolah itu, agar nanti semuanya akan dituntut untuk mempunyai inovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten berjuluk Kota Bahari tersebut.

“PKB saat ini hanya pembukaan saja, karena kegiatan ini akan berlangsung mulai 8-10 April 2021. Dan yang membuka kegiatan ini Bupati Sampang H. Slamet Junaidi,” tuturnya. Kamis (8/4/21).

Mengenai pemberian materi kepada peserta, pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan beberapa narasumber lainnya.

Selain itu, pihaknya juga mengundang Setiarini dari Lembaga Jaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Dalam acara tersebut nantinya para peserta akan diberi pemahaman mengenai materi yang akan diberikan. Di antaranya materi mengenai ukuran tinggi dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jatim dan peningkatan mutu pendidikan di Sampang.

Diikuti 400 peserta, terdiri dari unsur Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan kepala SD yang bersertifikasi. Acara dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Kegiatan PKB ini dilaksanakan secara mandiri oleh kepala sekolah dan guru. Dan itu sudah ada Perbup Nomor 33/2015 yang mewajibkan para guru dan kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan. Jadi, semua kepala sekolah yang hadir ini harus mendukung program bupati menuju Sampang hebat bermartabat.” imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi sangat mengapresiasi kegiatan PKB kepada kasek di wilayahnya. Namun ia berharap, para guru maupun kepala sekolah bisa belajar ikhlas dan memiliki prinsip serta komitmen dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Sampang. Sehingga, perlu adanya sinergitas mulai dari kepala dinas sampai kepada gurunya.

“Saya berharap, seluruh guru atau kepala sekolah menunjukkan prestasinya dalam bekerja,” pungkasnya. (mal/waw)

Komentar

News Feed