Disdik Sampang: Target Pengerjaan Harus Tuntas November

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBHAN) DIKEBUT: Pengerjaan Sarpras Pendidikan yang bersumber dari DAK di Kabupaten Sampang harus tuntas dalam bulan November 2021.

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Realisasi pengerjaan sarana prasarana (sarpras) pendidikan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) ditarget tuntas dalam bulan November ini. Namun kenyataannya saat ini baru sebagian pengerjaan yang sudah selesai serah terima sementara pekerjaan (PHO), sedangkan mayoritas masih dalam proses pengerjaan.

Data Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang menunjukkan, untuk pagu DAK pendidikan sebesar Rp19,6 miliar. Perincian untuk jenjang SD, rehabilitasi ruang kelas sebanyak 105 ruang dengan pagu anggaran sekitar Rp144 juta setiap kelas, rehabilitasi ruang perpustakaan berjumlah 13 ruang sekitar Rp131 juta setiap lokasi, rehabilitasi toilet sekolah 8 ruang Rp10 juta setiap ruang dan rehabilitasi ruang guru 1 ruang.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) SD berjumlah 6 ruang dengan pagu anggaran sekitar Rp240 juta setiap ruangnya, pembangunan ruang perpus 1 ruang Rp219 juta, pembangunan toilet sekolah satu lokasi dan pengadaan media pendidikan sebanyak 14 lembaga penerima.

Adapun untuk DAK jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di daerah yang dikenal dengan slogan Kota Bahari itu, juga diperuntukan untuk rehabilitasi ruang kelas dan pembangunan RKB serta sarpras lainnya. Sayangnya pihak Disdik Sampang tidak membeberkan data terkait jumlah lembaga penerimanya.

Kepala Disdik Sampang Edi Subinto melalui Kasi Sarpras SD Suraji mengatakan, program rehab dan pembangunan RKB yang bersumber dari DAK itu progresnya sudah mencapai 80 persen, tinggal proses finishing.

Bahkan, kata dia, sebagian pengerjaan DAK tersebut sudah ada yang selesai PHO dan pemberkasan akhir. Kemungkinan dalam bulan ini sudah tuntas. Untuk itu, pihaknya mewanti-wanti agar pelaksana memaksimalkan pengerjaan agar tidak sampai labrak deadline.

“Target penyelesaian program DAK pendidikan ini harus selesai dalam bulan November ini, makanya sebagian pengerjaan sudah selesai PHO, tinggal menunggu yang proses finishing saja,” ujar Suraji kepada Kabar Madura.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdik Sampang Moh. Bahri berkelit tidak hafal terkait jumlah lembaga penerima dan pagu DAK untuk SMP, meski demikian dirinya membeberkan jika mayoritas pengerjaan rehab dan RKB itu progresnya sudah mencapai 95 persen, mayoritas sudah proses PHO, bahkan sebagian sudah tuntas 100 persen.

“Yang jelas dalam bulan ini, program DAK harus tuntas semua, saat ini sudah banyak yang PHO, tapi jumlah pasti penerima dan pagu DAK SMP ini kami tidak hafal, mungkin lain waktu saja,” singkat Bahri melalui jaringan selulernya.

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *