oleh

Disdik Sampang Tekan Sekolah Kebut Realisasi BOS

Kabarmadura.id/Sampang-Waktu realisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) afirmasi dan kinerja tahun anggaran 2019, tak kurang dari 20 hari, terhitung sejak 20 November 2019 lalu. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang, mewanti-wanti penerima untuk mengedut realisasi bantuan tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Disdik Sampang, jumlah sekolah dasar (SD) yang mendapat bantuan itu, sebanyak 67 lembaga. Rinciannya, BOS afirmasi sebanyak 55 sekolah dan penerima BOS kinerja 12 lembaga.

Sementara, besaran bantuan untuk BOS afirmasi SD sebesar Rp2,84 miliar, dan BOS kinerja Rp914 juta, total bantuan mencapai Rp3,75 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sampang Nur Alam melalui Plt Kasi Sarana Prasarana (Sarpras) SD Abdul Rahman mengungkapkan, setiap sekolah penerima manfaat BOS Afirmasi dan Kinerja hanya memiliki waktu kurang lebih 20 hari untuk menyerap dan membelanjakan dana tersebut.

Kata Rahman, bantuan dari pemerintah pusat itu diperuntukkan pada beberapa item, meliputi pengadaan alat atau sarana prasarana dalam penyediaan rumah belajar berbasis Informasi Teknologi (IT), yakni pengadaan jaringan internet, komputer, LCD proyektor, dan lain sebagainya.

“Untuk penyerapan sekolah hanya punya waktu 20 hari harus selesai,” ungkap Rahman, Kamis (512/2019).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 31 Tahun 2019, terkait petunjuk teknis (juknis) penggunaan dana BOS afirmasi dan kinerja, proses pengadaan barang, harus melalui Sistem Pembelanjaan Sekolah (SIPLAH) yang disediakan oleh kementerian.

Lanjut Rahman, dalam melakukan pengadaan barang, sekolah dilarang membeli di luar atau bekerja sama dengan pihak ketiga. Sebab, barang harus sesuai dengan spek yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Pihaknya mengaku, akan terus memantau dan mengawasi sekolah dalam memanfaatkan bantuan itu, sehingga bantuan tepat guna dan sekolah lebih maju.

“Manakala bantuan ini tak terserap sesuai batas waktu yang telah ditentukan, dana ini nanti akan Silpa, makanya kami wanti-wanti sekolah penerima agar segera menyelesaikan penyerapan bantuan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Sampang H. Lutfianto mengingatkan, dalam melakukan proses pengadaan barang dari bantuan itu, pihak sekolah harus berpedoman pada juknis yang ada.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta agar Disdik Sampang membantu dan memberikan pendampingan agar sekolah dapat menyerap dan memanfaatkan bantuan ini secara maksimal.

“Waktu penyerapan hanya tinggal hitungan hari, kami minta Disdik ikut membantu sekolah dalam menyerap bantuan ini, jangan sampai tidak terserap, bantuan ini sangat diperlukan dan berguna demi kemajuan pendidikan,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed