Disdik Sampang Tunggu Hasil Pemetaan untuk Lakukan Pengisian Kekosongan Kepsek

  • Whatsapp
(KM/SUBHAN) BURAM: Pengisian kekosongan kepsek di ratusan lembaga di bawah naungan Disdik Sampang hingga kini belum ada kejelasan.

Kabarmadura.id/Sampang-Sebanyak 113 lembaga sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (SD-SMP) yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang, dibiarkan tanpa kepala sekolah (kepsek) definitif. Meski begitu, upaya pengisian kekosongan itu belum jelas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sampang Nor Alam mengatakan, kekosongan kepsek di ratusan lembaga sekolah itu merupakan persoalan klasik. Bahkan menurutnya, jumlah sekolah yang mengalami kekosongan kepsek definitif akan bertambah menjadi 115 lembaga pada April mendatang.

Dirinya mengatakan, untuk bisa menjadi kepsek, guru harus mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan (diklat) calon kepsek (cakep) yang dilaksanakan oleh LPPKS Solo. Dalam diklat cakep itu, ada dua jenis tes, pertama uji substansi, dengan persyaratan minimal harus sudah lulus strata I, pangkat golongan harus III C. Kemudian yang kedua uji kompetensi pribadi, berupa wawancara.

“Untuk pengisian kekosongan kepsek masih dalam proses pemetaan penempatan kepsek yang sudah memiliki sertifikat,” kilahnya, Kamis (19/3/2020).

Lanjut dia, saat ini ada 90 cakep yang sudah memiliki sertifikat diklat. Rinciannya, untuk jenjang SD sebanyak 72 dan SMP 18 orang. Kendati demikian, pihaknya mengaku jumlah itu masih jauh dari kebutuhan lembaga.

“Kami ini sangat kekurangan guru PNS, karena banyak guru yang memasuki usia batas pensiun, sedangkan penambahan sangat terbatas,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota komisi IV DPRD Sampang Moh. Iqbal Fatoni berharap, kekosongan kepsek dapat segera teratasi. Pihaknya tidak ingin persoalan tersebut terus dibiarkan berlarut-larut, karena dapat menghambat kemajuan pendidikan di Kota Bahari.

“Kami (Komisi IV, red) sudah pernah memanggil dinas terkait untuk mempertanyakan kekosongan kepsek, maka kami harap hal ini segera teratasi,” singkatnya (sub/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *