Disdik Segera Verifikasi Lapangan, SD Minim Siswa Bakal Dimerger

  • Whatsapp
(KM/Razin) PENUHI STANDAR: Salah satu potret sekolah yang ideal dengan jumlah siswa mencapai ratusan.

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep akan melakukan pengawasan terhadap sekolah dasar (SD) yang tidak mencapai target jumlah minimal siswa. Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Abd Kadir menjelaskan pihaknya bersama tim pengawas pendidikan akan terus melakukan peninjauan terhadap sekolah-sekolah yang berada di setiap kecamatan untuk dipastikan apakah sekolah tersebut masih layak dipertahankan atau sebaiknya dimerger dengan sekolah lain.

“Selain mendapatkan laporan dari masyarakat, maka kami juga akan terjun langsung ke setiap sekolah untuk memverifikasi,” katanya, kemarin.

Bacaan Lainnya

Setelah melakukan verifikasi lapangan, pihaknya akan mendiskusikan langkah yang akan diambil terhadap sekolah-sekolah tersebut. Jika tidak bisa dipertahankan, maka merger merupakan solusi tepat untuk tetap menjaga agar sekolah tersebut bisa bersaing dengan lembaga lain.

“Setelah kami menelusuri ke setiap kecamatan itu, lalu kami akan mendiskusikan untuk diajukan ke bupati, karena bupati yang akan mengeluarkan SK pencabutan izin operasional atau merger ke SD lain,” imbuhnya.

Kadir menambahkan, sampai saat ini pihaknya tetap memberikan kesempatan kepada sekolah yang memiliki jumlah siswa minim namun terdaftar di dapodik untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar dan berhak menerima bentuk bantuan sesuai dengan kapasitasnya. Tetapi ketika hasil verifikasi itu rekomendasikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, maka keputusan bisa berbeda.

Sampai saat ini, laporan dari masyarakat yang sudah diterima ada tiga sekolah yang akan diverifikasi di lapangan. Tiga sekolah tersebut adalah SDN Pagar Batu III di Kecamatan Saronggi, SDN Pakandangan Tengah Kecamatan Bluto, dan SDN Katawang Laok Kecamatan Guluk-Guluk.

“Semuanya akan ditinjau nanti,” pungkasnya. (ara/pai)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *