Disdik Sumenep Akui Program Sekolah Penggerak Butuh Evaluasi Teknis

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) BERLANGSUNG: Saat guru sekolah penggerak mengikuti pelatihan dengan zoom meeting

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Seleksi sekolah penggerak di bawah binaan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep sudah final. Ada 53 lembaga pendidikan yang sudah ditetapkan dalam program itu. Namun demikian, masih dibutuhkan evaluasi dalam teknis pengembangannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sumenep Muhamad Iksan mengatakan, dalam tahapan pengembangan sekolah penggerak, beberapa guru telah dikutkan pendidikan dan pelatihan (diklat) dalam program pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

Langkah itu sebagai bentuk apresiasi Pemkab Sumenep yang ditunjuk sebagai satu-satunya pilot project sekolah penggerak di Madura.

Sementara dalam penentuan sekolah, pihaknya mengaku sudah merata antara sekolah negeri dan swasta. Bahkan ada sekolah luar biasa (SLB) yang juga diikutkan dalam program itu.

Dirinya merinci, ada delapan taman kanak-kanak (TK), 29 sekolah dasar (SD), dan 18 sekolah menengah pertama (SMP) yang lolos seleksi sebagai pelaksana program sekolah penggerak.

“Memang masih butuh evaluasi secara serius dalam pelaksanaan, terutama data gurunya,” kata Iksan, Selasa (29/6/2021).

Dikatakannya, sekolah yang memenuhi persyaratan itu sudah dinyatakan final menjadi pelopor sekolah penggerak. Dihatapkan, sekolah yang ditunjuk bisa menjadi barometer sekolah-sekolah lain mengkampanyekan program sekolah penggerak tersebut.

Iksan menjelaskan, alasan Kabupaten Sumenep dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan sekolah penggerak, lantaran Pemkab Sumenep dinilai serius dalam mengembangan pendidikan melalui program yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

“Harapan pemerintah dalam pelaksanaan program sekolah penggerak ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatnya mutu pendidikan di Kabupaten Sumenep,” tutup dia. (ara/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *