oleh

Disdik Sumenep Kucurkan Bantuan Peningkatan Pendidikan di Kepulauan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep juga ambil bagian dalam kunjungan kerja (kunker) bupati ke Kepulauan Sumenep dengan memberikan bantuan terhadap beberapa sekolah.

Kunker atau dikenal dengan istilah Safari Kepulauan itu merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam memantau aktivitas masyarakat kepulauan.

Kepala Disdik Sumenep, Carto menyampaikan, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan, tidak ada istilah terikat dengan jarak yang jauh serta akses yang sulit. Artinya, masyarakat kepulauan juga mempunyai kesempatan yang sama.

“Artinya bantuan penunjang itu bersamaan dengan safari ini mulai dikucurkan, misalnya bantuan afirmasi, dan bantuan fisik berupa pembangunan sekolah,” katanya, Senin (14/9/2020).

Kegiatan tahunan bersama rombongan pemkab tersebut, akan mengunjungi enam kecamatan, yakni Kecamatan Gayam, Ra’as, Arjasa, Kangayan, Sapeken, dan Nonggunong.

Hari pertama pada Selasa (14/9/2020), yang akan dikunjungi adalah Kecamatan Nonggunong. Di kecamatan tersebut, ada sekitar 16 sekolah binaan Disdik Sumenep yang tercatat sebagai penerima bantuan, baik afirmasi maupun bantuan perbaikan pembangunan (rehab).

“Kami terus berharap dengan bantuan dana yang terus dukucurkan, akan menjadi wajah pendidikan di Sumenep tambah maju, baik itu di kepulauan maupun daratan. Kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik,” imbuhnya.

Mantan kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep itu juga menyebutkan, dari 16 sekolah untuk afirmasi sebanyak 14 sekolah dengan masing-masing menerima Rp60 juta, sisanya pembangunan fisik dengan besaran dana yang diterima Rp344 juta.

Tidak hanya bantuan fisik, pihaknya juga memberikan bantuan kesejahteraan pendidik terlebih yang bertugas di kepulauan.

“Ada sekitar Rp9 miliar dana yang disediakan oleh pemerintah daerah dan pusat khusus untuk kepulauan, sementara saat ini melalui DAK,” pungkasnya. (ara/waw)

Komentar

News Feed