Disdik Terapkan Dua Sistem PPDB

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN– Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) mulai dibuka. Dinas Pendidikan (Disdik), memberlakukan dua sistem pendaftaran di tengah mewabahnya Covid-19. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Bangkalan Jufri Kora, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, dua sistem yang dimaksud yakni daring dan luring. Khusus luring ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang mendaftar karena perpindahan orang tua. Sedangkan daring, diperuntukan bagi pendaftaran umum. Untuk tahun ini, kebutuhan dari 55 SMP Negeri mencapai 7.412 peserta didik baru.

Bacaan Lainnya

“Kalau perpindahan orang tua ini kan tidak bisa melalui daring, harus luring. Sistem luring ini, pendaftar atau orang tua hanya mengantarkan berkas saja. Sedangkan untuk pendaftaran harus tetap melalui online. Namun, sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan (protkes),” ujarnya.

Pihaknya memastikan, pendaftaran akibat perpindahan orang tua tidak akan banyak. Sehingga, tidak akan menimbulkan kerumunan. Sedangkan, untuk jalur lainnya wajib menggunakan sistem daring. “PPDB SMP tahun 2021 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Begitu pula dengan pagu siswa yang akan diambil,” tegasnya.

Sejauh ini, persiapan PPDB sudah memasuki tahap sosialisasi dan persiapan sekolah. Untuk itu, pendaftaran akan dimulai tanggal 21 Juni. Dimana akan ada 3 jalur yang bisa diambil siswa. “Ada jalur prestasi, perpindahan orang tua dan jalur zonasi dan afirmasi,” jelasnya.  (ina/ito)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *