Disdikbud Pamekasan Mencatat 852 PAUD Belum Terakreditasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) INDIKATOR KUALITAS: Terdapat 852 lembaga tingkat PAUD di Pamekasan yang belum terakreditasi.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan mencatat dari 963 lembaga pendidikan tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), hanya 111 yang terakreditasi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Disdikbud Pamekasan Amir Syarifuddin, akreditasi dari suatu lembaga pendidikan sebagai indikator kualitas dan kinerja lembaga pendidikan, namun di Pamekasan, terdapat 852 lembaga PAUD  yang tidak diakui akreditasinya oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), karena persyaratan yang belum memadai.

Bacaan Lainnya

“Sebagian masih dalam pengajuan untuk bisa terakreditasi, dari BAN disuruh mengisi sistem penilaian akreditasi (Sispena), banyak persyaratannya yang perlu dipenuhi” paparnya, Selasa (6/7/2021).

Ia menjelaskan, secara umum ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, yang di antaranya harus memiliki nomor satuan pokok pendidikan, mengajukan permohonan akreditasi kepada BAN PAUD, dan harus memiliki izin operasional lembaga pendidikan.

“Persyaratannya banyak sekali, tidak bisa disebutkan satu-satu, karena ada beberapa indikator yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Secara terperinci, dari 111 lembaga yang terakreditasi, terdiri dari 83 TK, dan 28 KB. Sejauh ini, diklaim sudah ada pendampingan kepada lembaga pendidikan yang masih belum melakukan akreditasi, sehingga pada tahun 2021 diyakininya akan ada tambahan lembaga pendidikan yang terakreditasi.

“Kalau sudah terakreditasi sudah memenuhi syarat secara keseluruhan, kami mengusahakan agar semuanya terakreditasi,” ulasnya.

Dia berharap kepada sekolah yang masih belum terakreditasi agar  segera memproses lembaganya agar segera terkakreditasi. Karena menurutnya, hal tersebut menjadi bukti keseriusan lembaga dalam mengelola pendidikan.

“Harapannya segera dilakukan akreditasi,” tukasnya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *