Disdikbud Pamekasan Realisasikan DAK Pendidikan Seratus Persen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) TEREALISASI: Disdikbud Pamekasan telah merealisasikan DAK pendidikan fisik dan non-fisik 100 persen.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan telah merealisasikan dana alokasi khusus (DAK) pendidikan 100 persen. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, Senin (15/11/2021).

Dijelaskannya, DAK pendidikan berupa fisik dan non-fisik. Anggaran DAK pendidikan untuk kegiatan fisik sekitar Rp45 miliar. Pria yang akrab dipanggil Zaini itu menyebutkan, realisasi DAK pendidikan untuk kegiatan fisik mencapai 100 persen. Kegiatan itu berupa; pembangunan gedung dan rehabilitasi bangunan sekolah. Namun, dia tidak menyebutkan berapa sekolah yang telah direhab.

Bacaan Lainnya

“Rehab kelas, perpustakaan, laboratorium, toilet, dan tempat ibadah sekolah,” ucap Zaini.

Sementara untuk DAK non-fisik terealisasi setiap tiga bulan; berupa bantuan operasional sekolah (BOS). Setiap bulan anggaran tersebut digunakan untuk operasional sekolah termasuk gaji guru honorer. Pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Pamekasan meski masih situasi pandemi Covid-19.

“Kalau non-fisik itu rutin. Setiap tiga bulan. Hitungannya setiap bulan,” ucap Zaini.

Sementara itu, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Wardatus Sarifah meminta agar DAK fisik dilakukan secara benar dan tepat sasaran.

Tidak hanya itu, pihaknya juga prihatin dengan nasib para guru honorer di Pamekasan. Ia berharap, besarnya DAK pendidikan non-fisik dapat menyejahterakan guru honorer.

“Kalau yang PNS mereka sudah terfasilitasi. Yang guru honorer ini butuh perhatian,” ucap Warda.

DAK Pendidikan Kabupaten Pamekasan

Fisik: Rp45 miliar

Realisasi: 100 persen

Non-fisik: Rp350 miliar

Realisasi: 100 persen

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *