Disdikbud Pamekasan Selenggarakan Pelatihan Baca Kitab Kuning untuk Guru Agama Tingkat SMP

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) TEROBOSAN; Disdikbud Pamekasan targetkan 75 persen siswa SMP bisa membaca kitab kuning.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan gencar  melakukan berbagai terobosan untuk menguatkan karakter keagamaan siswa. Salah satunya yaitu dengan mengadakan pelatihan membaca kitab kuning khusus guru agama di semua jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP). Pelatihan yang menerapkan metode Al-Fatih tersebut diselenggarakan di Hotel Cahaya Berlian pada Sabtu (16/10/2021).

Dalam pelatihan yang biasa disebut juga dengan istilah Training of Trainer (ToT) itu, Disdikbud mendatangkan pemateri KH Mufti Khozin, Pengasuh Pondok Pesantren (PP) Sumber Mas, Sumenep dan KH Ali Wafa Subki, Pengasuh PP Darul Hikmah Kayumanis, Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini mengutarakan, penyelenggaraan TOT untuk guru agama SMP merupakan bentuk ikhtiar agar siswa SMP memiliki kemampuan membaca kitab tanpa harakat. Harapannya, agar para siswa bisa menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami ingin memiliki nilai lebih. Kalau pesantren itu mempunyai nilai lebih dengan memberikan pelajaran umum. Maka sekolah umum di kami ini, ingin memberikan nilai lebih di bidang agama. Sehingga, bekal dunia akhirat bisa tercapai,” paparnya.

Zaini menargetkan 75 persen dari total siswa SMP di Pamekasan memiliki kemampuan membaca kitab kuning dengan metode Al-Fatih. “Harapannya bisa baca kitab lah. Sebab, sumber keagamaan diyakini sekarang berada di kitab kuning,” pungkasnya. (*)

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *