Disdikbud Pamekasan Tingkatkan Kualitas Guru dengan Revitalisasi Gugus Sekolah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERMUTU: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan mengadakan revitalisasi gugus sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas guru dan sebagai instrumen menyampaikan program pemerintah.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan mengadakan revitalisasi gugus sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas guru. Perwakilan gugus sekolah tersebut dikumpulkan di Hotel Cahaya Berlian pada Sabtu (20/11/2021) untuk diberdayakan. Menurut Kepala Disdikbud Akhmad Zaini, peningkatan kualitas dan kapasitas guru dimulai dari memberdayakan guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).

“Ada perubahan mindset pada guru, tentang cara mengajar, tentang cara belajar, tentang peningkatan kapasitas siswa. Guru sekarang ini diharapkan oleh pemerintah menjadi guru penggerak semua kan, artinya tidak tidak hanya bisa mengajar, tetapi dia bisa menggerakan orang untuk bisa mengajar dengan baik,” paparnya, Senin (22/11/2021).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, secara teknis, Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Fatimatuzzahra menyampaikan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan perwakilan 78 gugus sekolah. Hal tersebut dalam rangka  mempercepat revitalisasi gugus sekolah sebagai salah satu instrumen  mendorong berbagai program pendidikan tersampaikan kepada semua sekolah dalam pengawasannya.

“Jadi kami kumpulkan para pengurus gugus itu, kemudian kami mengadakan semacam pendataan dari masing-masing gugus itu kondisi riilnya seperti apa, terutama dari struktur kepengurusannya, karena itu menjadi dasar pelaksanaan dari temen-temen gugus dalam melaksanakan berbagai kegiatan,” tuturnya.

Menurutnya, revitalisasi gugus sekolah rencananya ke depannya bisa memfasilitasi berbagai kegiatan Disdikbud untuk disampaikan kepada seluruh lembaga pendidikan dan guru di setiap sekolah. Semisal Disdikbud mengadakan sekolah inklusi yang kepesertaannya terbatas, masing-masing kecamatan mengirim dua. Padahal jumlah sekolah di masing-masing kecamatan sangat banyak. Sehingga, pengurus gugus sekolah diharapkan menyampaikan langsung ke sekolah.

“Harapan kami dengan adanya revitalisasi gugus itu, program-program kemarin yang hanya terbatas itu bisa disebarkan melalui gugus, sehingga tidak ada alasan bagi guru untuk tidak mendapatkan informasi sesuai dengan kegiatan yang kami adakan,” urainya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *