Dishub Bangkalan Rencanakan Hapus Biaya Perawatan Halte

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) DIBIARKAN RUSAK: Ketersediaan halte di Bangkalan tidak difungsikan lagi sebagai tempat pos angkutan bagi penumpang umum.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Ketersediaan halte di Bangkalan terkesan tidak terurus. Akibatnya, selama dua tahun terakhir tempat tunggu untuk penumpang angkutan umum terlihat mangkrak. Padahal biaya perawatan masih dialokasikan setiap tahunnya. Namun realitas di lapangan, tidak ada angkutan umum yang berhenti untuk mengangkut penumpang.

Atas dasar itulah, Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan berencana menghapus alokasi anggaran tahun 2022. “Kalau tahun ini, masih ada anggaran perawatan sekitar Rp25 juta. Insyallah tahun depan kami rencanakan ditiadakan saja untuk anggarannya,” ujar Kepala Dishub Bangkalan Muawi Arifin, Rabu (10/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, banyaknya mobil penumpang umum (MPU) berpelat hitam yang juga menarik penumpang menjadi salah satu penyebab utama tidak difungsikannya halte-halte tersebut. Sehingga, apabila tetap dianggarkan hanya akan membuang-buang dana. “Karena haltenya sudah tidak aktif lagi bagi angkutan umum. Rata-rata lima halte saat ini tidak maksimal untuk difungsikan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Muawi menegaskan mayoritas masyarakat menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum. Kondisi itu, sangat berpengaruh terhadap menurunnya MPU dan trayek lain. “Halte ini berbicara jaringan, untuk mengangtifkan itu perlu indikator yang harus didukung. Mulai terminal. Nanti terminal yang mengakomodir intermoda dan antarmoda, juga trayeknya,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi A DPRD Bangkalan Ha’i tidak banyak memberikan tanggapan mengenai mangkraknya halte tersebut. Sebab pembangunan halte di daerah yang identik dengan slogan Kota Salak terkesan jarang dimanfaatkan. Terutama, pasca wabah Covid-19. “Memang sulit mengangtifkan halte-halte ini kembali, transportasi pribadi lebih banyak digunakan masyarakat,” responnya.

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *