oleh

Dishub Pamekasan Anggarkan Rp300 Juta Untuk WTN

KABARMADURA.ID, Pamekasan  – Kabupaten Pamekasan tercatat belum pernah meraih penghargaan wahana tata nugraha (WTN). Penghargaan WTN diberikan oleh pemerintah pusat kepada provinsi, kota/kabupaten yang mampu menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik.

Untuk meraihnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan Ajib Abdullah, berencana mengusulkan anggaran sebesar Rp300 juta di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021.

Menurutnya, tidak mudah untuk meraih penghargaan tersebut. Sebab, sepanjang jalan nasional harus steril dari pedagang kaki lima dan parkir trotoar. Sementara di daerah yang identik dengan slogan Gerbang Salam  di sepanjang jalan nasional masih dipenuhi dengan PKL dan parkir.

Menurutnya salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan menghimbau setiap pengusaha. Terutama yang memiliki gedung usaha mepet dengan jalan untuk mundur, agar tersisa lahan parkir. “Selain itu, para pengusaha yang hendak membangun usaha dan gedung baru di dekat jalan, diwajibkan memiliki area parkir,” ujarnya, Minggu (08/11/2020).

Selain itu, mengarahkan PKL untuk tidak sembarang menempati trotoar. Sehingga bisa diarahkan ke lokasi lain, seperti lokasi pusat jajanan serba ada (Pujasera) yang pembangunannya tengah berlangsung. Dengan demikian, pihaknya bisa melakukan penukaran jalur, menjadikan jalan nasional sebagai ringroad dan jalur ringroad sebagai jalan nasional.

“Harapannya pada tahun 2021 mendatang Kabupaten Pamekasan mampu meraih WTN. Tentu memerlukan kerjasama masyarakat dan instansi yang lain,” tukasnya. (ali/ito)

Komentar

News Feed