Dishub Sampang terapkan Parkir Berlanganan

  • Bagikan
KM/SUBHAN DITERAPKAN: Dishub Sampang melaunching program parkir berlangganan di wilayah Sampang, Kamis (1/8/2019).

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Perhubungan (Hishub) Kabupaten Sampang launching penerapan parkir berlangganan tepi jalan umum, Kamis (1/8). Tujuaannya, untuk meningkat pelayanan kepada masyarakat dan pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi parkir kendaraan.

Peresmian parkir berlangganan itu dihadiri Bupati Sampang H. Slamat Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, jajaran Forkompinda Sampang, Kepala Bapedda Provinsi Jawa Timur, Kepala UPT LLAJ Provinsi Jatim, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sampang, para jukir dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dishub Sampang Moh. Zuhri menuturkan, dasar pelaksanaan penerapan parkir berlangganan adalah Perda Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, Perda Nomor 26 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Parkir Berlangganan dan Perbup Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksaan Retribusi di Lingkungan Dishub Sampang.

“Sebelum digelar lauching ini, kami sudah melaksanakan sosialisasi kepada para jukir, kepada UPT terkait dan masyarakat. Maka mulai hari ini parkir berlangganan resmi diberlakukan,”tutur Moh. Zuhri dalam sambutannya, kemarin (1/8).

Zuhri menyebutkan, jumlah juri parkir di Sampang sebanyak 80 orang, sementara lokasi parkir berlangganan mencapai 65 titik yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Sampang. Pelaksanaan atau pembayaran retribusi parkir berlangganan itu dilakukan bersama saat pembayaran pajak tahunan kendaraan yang dilakukan di kantor Samsat Sampang.

“Untuk tarif parkir perlangganan, kendaraan roda dua Rp25 ribu, roda empat Rp35 ribu dan kendaraan roda enam dan seterusnya Rp50 ribu pertahun,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menegaskan, penerapan parkir berlangganan yang di prakarsai Dishub setempat merupakan kebaruan dalam meningkatkan pelayanan dan PAD. Pihaknya sangat mengapresiasi atas kebaruan dan inovasi palayanan itu.

Baca juga  Gaji ke-13 Tembus Rp32 Miliar

Sebab, dalam kepemimpinannya, pihaknya berkomitmen terus meningkatkan PAD, salah satunya dari sektor retribusi parkir.

Dengan demikian, mantan anggota DPR RI itu meminta kerjasama dari semua stakeholder dan koordinasi dengan baik, sehingga kedepannya Sampang lebih baik. “Tentunya, kami akan terus meningkat pelayanan dan PAD, maka kami mengapresiasi atas pemberlakukan parkir berlangganan ini, semoga kedepannya berjalan maksimal dan mendukung terwujudnya Sampang hebat bermartabat,”tutupnya. (sub/rei)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan