Dishub Sumenep Siapkan 8 Proyek Pengembangan Pelabuhan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) DIDESAK: Untuk mempermudah akses jalur laut, Dishub Sumenep kembali mendapat jatah Rp10 miliar untuk pengembangan pelabuhan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Tahun 2021 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep kembali mendapat jatah Rp10 miliar untuk 8 titik atau paket pekerjaan untuk pengembangan pelabuhan. Namun hingga memasuki pertengahan tahun, baru empat paket yang sudah proses lelang.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dishub Sumenep Dadang Dedy Iskandar menyampaikan, tidak ada kendala serius dalam prosesnya, sebab anggaran tersebut bersumber dari bantuan keungan (BK) Provinsi Jawa Timur (Jatim). Namun tetap berdampak pada jangka waktu pengerjaannya.

Bacaan Lainnya

“Seperti ini ya, memang pekerjaan yang berhubungan dengan laut itu tidak mudah, terutama perencanaannya, berbeda dengan proyek jalan, sehingga kalau dermaga itu sering putus kontrak, tahun lalu saja ada yang putus kontrak,” katanya.

Di antara yang bakal dibangun tahun ini adalah di Kecamatan Pragaan, tepatnya di Kaduara Timur, Desa Cangkareman Kecamatan Bluto, Kecamatan Dungkek ada dua paket pembenahan sarana dan lahan parkir.

Selain itu, Desa Masa Kambing Kecamatan, Desa Cangkareman Kecamatan Bluto, Kecamatan Sapeken, Kecamatan Gayam, Kecamatan Kalianget, Kecamatan Talango.

Pelabuhan tersebut tidak bisa dibangun secara serentak karena akses yang sulit dijangkau. Sehingga pihaknya mencoba mengkoordinasikan dengan Pemerintah Jatim.

“Apalagi di kepulauan, Tetapi yang pasti akan diupayakan selesai semua tahun ini, semua tahapan akan kami percepat, bulan depan sudah diupayakan dikerjakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Sumenep M Ramzi menyampaikan, banyak pekerjaan rumah jika berkaitan dengan sarana penunjang transportasi laut, apalagi seperti di Kecamatan Bluto itu kadang harus menggunakan sampan kecil.

“Kadang harus mengeluatkan uang tambahan penumpangnya. Jangan sampai putus kontrak terus, harus diseriusi apalagi persoalan akses laut, anggarannya sudah ada berarti kan tinggal mengejakan,” papar dia. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *