Diskan Kabupaten Sumenep Wajibkan Semua Pengusaha Ikan Harus Memiliki SKPHP

  • Bagikan
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) WAJIB: Setiap pengusaha ikan ke luar daerah Kabupaten Sumenep, harus mengantongi surat keterangan peredaran hasil perikanan (SKPHP).

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Para pengusaha ikan wajib mengantongi surat keterangan peredaran hasil perikanan (SKPHP). Jika tidak demikian, maka akan menghambat penjualan ikan ke luar daerah. Sedangkan, jumlah pengusaha ikan di Kabupaten Sumenep mencapai 200 orang. Namun, tidak semua pengusaha mengantongi SKPHP. Terdapat, 73 pengusaha ikan belum mengantongi SKPHP.

Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Pengendalian Usaha Perikanan, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sumenep, Joni Hariyono mengatakan, pengusaha yang hendak mengirim ikan ke luar daerah, seperti ke Pulau Bali, Banyuwangi wajib mengantongi SKPHP.

“Sebenarnya, tidak mengikat. Namun, jika tidak mengantongi surat tersebut akan menjadi masalah, karena tidak jelas asalnya. Jika ada SKPHP pasti sudah jelas asalnya,” katanya, Kamis (17/12/2020)

Dia mengatakan, pengusaha yang dimaksud harus memiliki usaha khusus. Misalnya, produk kerupuk, serta lainnya yang menggunakan bahan ikan. Saat ini, kebanyakan berasal dari Kecamatan Ambunten dan Kecamatan Dungkek. Salah satu produknya yakni, petis, crispy, kerupuk rasa ikan dan jenis usaha lainnya. “Pengusaha ikan harus mempunyai produk unggulan,” ucapnya.

Dikatakan, sebanyak 127 pengusaha produknya difasilitasi poklasar yang mempunnyai izin produk industri rumah tangga (PIRT). Sehingga, nantinya dipasarkan ke berbagai wilayah. Misalnya, Jakarta hingga luar negeri. “Makanya, untuk mengirim produk ikan harus mengantongi SKPHP,” tegasnya.

Bagi yang tidak mengantongi SKPHP, harus mengurus. Harapannya, semua pengusaha ikan mengantongi surat tersebut. Sehingga, pengiriman ikan sebagai usaha tidak akan terhambat. “Saat ini sudah bisa gampang pada waktu hendak mengirim bisa dapat memakai sistem online,” pungkasnya. (imd/ito)

 

 

 

 

Baca juga  Nakhoda Baru PDAM Sumenep Siap Tingkatkan Pelayanan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan