oleh

Diskan Pamekasan Dampingi Enam Kelompok Binaan untuk Mendapatkan Sertifikat Halal

KABARMADURA.ID, Pamekasan -Kepedulian Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pamekasan terhadap kepentingan masyarakat nelayan patut diacungi jempol. Saat ini, instansi tersebut mendampingi enam kelompok binaan pengolah ikan untuk mendapatkan sertifikat halal. Tujuannya, agar hasil olahan ikan mampu berdaya saing.

Masing-masing kelompok tersebut, UD Ulfa Mulia Dusun Candih, Desa Polagan Kecamatan Galis dengan produk olahan  Lorjuk. Industri kecil mengah (IKM) Attarqiyah, Desa Padelegan dengan poduk olahan tri krispi. Kemudian, UD Alfia Padelegan dengan produknya tri krispi, UD Annisa, Desa Beranta Pasisir memproduksi rambak ikan, UD Basaraya olahan ikan, dan UD Ahaswe, Desa Beranta Pasisir hasil produksi Rambak Ikan.

Kepala Bidang (Kabid) Pembudidaya Ikan, Diskan Pamekasan Muhammad Istamam, mengaku pendampingan sebagai bentuk komitmen nyata terhadap program yang memihak kepada rakyat. “Paling tidak produk dari UD dan IKM pengolah ikan bisa bersertfikat halal, untuk menunjang minat pasar terhadap produk yang telah dihasilkan,” ujarnya, Senin (02/10/2020).

Menurutnya, pelatihan untuk mendapatkan sertifikat itu mampu meningkatkan keterjaminan produk yang akan dikonsumsi masyarakat. Sebab, rata-rata masyarakat di daerah yang identik dengan slogan gerbang salam ini beragama islam. “Jadi kalau ada logo halal itu bisa meyakinkan konsumen, untuk mengkonsumsi,” jelasnya.

Istamam sapaan akrabnya menegaskan, program pendampingan sertifikat halal sudah berjalan dari tahun ke tahun. Namun, tahun 2020 ini hanya bisa mengcover enam pengolah ikan. Pihaknya berjanji akan meningkatkan pendampingan tersebut. Sehingga hasil olahan ikan di daerah bisa terus berkembang.  “Mudah-mudahan penjualannya semakin meningkat,” harapnya. (rul/ito)

Komentar

News Feed