Diskan Pangkas Anggaran Sarpras Menjadi Rp2,5 M

  • Whatsapp
(KM/Razin) MELIMPAH: Hasil tangkapan nelayan dalam satu kali menangkap ikan

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Sumenep memangkas anggaran untuk bantuan sarana penangkapan ikan nelayan. Jika tahun sebelumnya pagu anggaran mencapai Rp3,3 miliar, tahun ini hanya Rp2,5 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Perikanan Tangkap Edie Ferrydianto menuturkan, satu sisi ada pemangkasan sejumlah bantuan sarana dan prasarana untuk penangkapan ikan, namun dibagian lain mungkin ada penambahan.

“Itu ditambah dengan DAK sekitar Rp500 jutaan. Karena memang tahun bagian ini ada pemangkasan, tetapi untuk bidang yang lain mungkin akan ada penambahan. Karena kami rasa untuk sarana para nelayan sudah terbantu semua,” katanya.

Pemangkasan tersebut juga merambat pada jumlah kelompok usaha bersama (KUB). Tahun kemarin sudah ada sekitar 101 kelompok, sementara untuk tahun 2020 ini hanya menyasar ke 80 KUB terdiri dari kepulauan dan daratan.

Sehingga pada tahun ini pihaknya akan memaksimalkan pagu anggaran tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Meskipun diakuinya, tidak semua nelayan akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Itu sifatnya memang bantuan stimulan, sehingga satu kelompok pun, kan ada sekitar sepuluh anggota itu belum tentu mendapatkan semua. Hal itu juga ditekankan melalui pembinaan kita, sehingga masyarakat dapat berinisiatif sendiri nantinya,” imbuhnya. (ara/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *