oleh

Diskan Sediakan Rp1,2 M untuk Pemberdayaan Nelayan Kecil

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sumenep menyediakan dana senilai Rp1,2 miliar untuk program pemberdayaan dan perlindungan pelaku usaha perikanan. Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.
Kepala bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Kecil M.Ibnu Hajar mengatakan, program tersebut peruntukannya saat ini akan menyebar ke seluruh kecamatan dan mulai melakukan persiapan-persiapan sosialiasi pada masyarakat.
“Saat ini masih dalam tahap sosialisasi pada masyarakat,” ujarnya.
Dijelaskan, salah satu kegiatannya adalah pemberdayaan masyarakat nelayan Rp 418 juta, optimalisasi perlindungan nelayan Rp342 juta, optimalisisasi usaha pemanfaaatan ikan Rp451 juta. Kegiatan yang termasuk pengadaan adalah pengadaaan cool box Rp160 juta, patok Rp120 juta dan kegiatan lainnya.
“Kami terus berupaya meningkatkan masyarakat nelayan, agar tidak terpinggirkan,” tuturnya.
Ditambahkan, untuk kegiatan yang sifatnya pengadaan tak satupun yang dilelang. Sebab, anggaranya di bawah Rp200 juta. Harapnnya, semua kegiatan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang mebutuhkan.
“Kami perupaya semaksimal mungkin dan melakukan pendekatan- pendekatan pada masyarakat,” ujarnya.
Selain itu, kegiatan tersebut akan dilakukan pencaiaran dana pada setiap kegiatan. Jika ada kegiatan, maka dana anggaran juga turun atau sebaliknya. Mengenai yang sifatnya pengadaan dirinya akan berkordinasi dengan seluruh kelompok nelayan di Kabupaten Sumenep.
“Semua kegiatan akan progres dilakukan awal Februari berdasarkan jadwal yang ditentukan hingga akhir 2020 nanti,” tukasnya.
Dijelaskan, program tersebut merupakan strategi untuk memakmurkan para nelayan. Pada prinsipnya nelayan dan masyarakat perikanan harus siap untuk maju bersama. Tinggal dibutuhkan sikap saling percaya antara para nelayan.
“Untuk nelayan, Diskan tidak akan pernah diam, demi mencapai keaejahteraan rakyat,” pungkasnya (imd/pai)

Komentar

News Feed