Diskan Sumenep: 10 Kelompok Nelayan Dapat Bantuan Coolbox

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) MINIM: Karena keterbatasan anggaran, bantuan mini coolbox tidak menyeluruh.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Bantuan mini coolbox yang disalurkan kepada nelayan masih belum merata. Hal itu tercatat dari 121 kelompok nelayan hanya 10 kelompok yang mendapat bantuan dari Dinas Perikanan (Diskan) Sumenp.

Kepala bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan  Kecil Diskan Sumenep M. Ibnu Hajar mengatakan, anggaran yang disediakan hanya sebesar Rp100 juta lebih. Sehingga Anggara itu tidak dapat memenuhi kebutuhan semua kelompok usaha bersama (KUB) nelayan.

“Saat ini hanya ada 6 kecamatan dan 10 kelompok,” katanya, Selasa (29/6/2021).

Dijelaskannya,  dari 6 kecamatan yang dimaksud yakni, Kecamatan Sapeken, Masalembu, Ambunten, Gayam, Pasongsongan dan Kecamatan Gili Genting “Masing-masing kecamatan ada 1 hingga 3 kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan 10 mini coolbox,” ujar dia.

Pria yang akrab disapa Hajar itu menambahkan, sebanyak 100 mini coolbox itu sudah disalurkan. Namun, hanya satu kelompok yang dari Kecamatan Masalembu belum menjemput bantuan tersebut. Sebab, hasil konfirmasi karena terkendala angin kencang.

“Bantuan tersebut sifatnya dihibahkan,” tegasnya.

Semua bantuan, disarankan untuk tidak disalahgunakan. Sebab, bantuan tersebut murni untuk sebagai tempat penimbun ikan. Selain itu, untuk dapat dibawa pada saat mau berangkat mencari ikan di laut.

“Jika dibandingkan tahun sebelumnya, bantuan mini coolbox lebih sedikit,” ucpanya.

Pada tahun 2020 , bantuan mini coolbox sebanyak 147 dengan 7 kelompok. Harapannya, mini coolbox bantuan pemerintah itu juga dipelihara dengan baik, dengan begitu hasil tangkapan ikan bertahan lama dan dapat dijual untuk meraup untung yang banyak.

Bantuan tersebut, juga diharapkan dapat membantu para nelayan ketika mencari ikan. Sehingga, nantinya mereka bisa menampung ikan hasil tangkapan pada wadah pendingin tersebut.

“Barang itu bisa digunakan pada waktu menangkap ikan. Jadi, langsung bisa ditaruh di mini coolbox,” tandasnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Sumenep Juhari mengatakan, bantuan yang sifatnya hibah itu perlu koordinasi intens dengan masyarakat, utamanya pada kelompok nelayan yang menerima bantuan. untuk senantiasa memberikan masukan kepada kelompok untuk dipelihara. “Jangan hanya menyalurkan bantuan, tetapi kontrol serta komunikasi intens terhadap kelompok agar dirawat,” pungkasnya, (imd/mam).

Bantuan Mini Coolbox 2021

  1. Kecamatan Sapeken 3 kelompok.

*Somber Tase’

*Samporna Bahari

*Armada Jaya

  1. Kecamatan Masalembu 2 kelompok.

*JFR Bahari

*Sukajeruk

  1. Kecamatan Ambunten 2 kelompok.

*Samudra Jaya

*Sukses Selalu

  1. Kecamatan Gayam, 1 Kelompok

*Sinar Surya

  1. Kecamatan Pasongsongan 1 kelompok.

*Nusantara Indah

  1. Kecamatan Gili Genting

*Sinar Samudra

-ANGGARAN: Rp100 juta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *