Diskan Sumenep: Hasil Tangkapan Ikan Masih Capai 10 Ribu Ton

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) SEMANGAT: Nelayan di Sumenep tahun ini dikatakan sudah mulai beraktivitas normal.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Hasil tangkapan ikan di Sumenep terbilang masih jauh dari target yang ditentukan. Berdasarkan catatan di Dinas Perikanan (Diskan) Sumenep, untuk hasil tangkapan ikan nelayan masih 10 persen dari pagu yang ditargetkan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Perikanan Tangkap Edie Ferrydianto melalui Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap Diskan Sumenep Agus Indro Wiyono menyampaikan, tahun ini target tangkapan sekitar 43 ribu ton,  sementara hanya 10 ribu ton yang sudah masuk data.

Bacaan Lainnya

Dia melanjutkan, meski sejumlah bantuan sarana dan prasarana budidaya atau alat pembantu untuk memudahkan tangkap ikan sudah selalu dianggarkan, namun pihaknya tidak bisa menjamin hal itu berpengaruh terhadap tangkapan ikan.
“Karena biasanya musim yang bagus ini mulai bulan depan, tetapi bagus itu bukan berarti tidak ada ombak, malahan lebih besar dari biasanya, makanya terkadang tidak semua nelayan itu berani melaut, dan itu tentunya berdampak pada hasil tangkapan,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Ditambahkan Edie, pada tahun ini banyak nelayan yang mengeluh dikarenakan hasil kerja tidak seimbang pengeluaran, artinya hanya kerugian yang didapatkan oleh nelayan. Tetapi momentum tertentu saja, tidak lantas terus menerus.

“Rendahnya harga ikan akan mengakibatkan target terhambat, karena kalau dirupiahkan target kerja nelayan ada sekitar Rp1.466 triliun uang yang diharapkan berputar di dunia nelayan,” imbuhnya.

Sementara untuk catatan dari Januari hingga Desember tahun 2019 produksi ikan hasil tangkapan nelayan tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Untuk diketahui, target produksi tahun 2019 adalah 48.600 ton ikan, sementara hanya berhasil menangkap 48.569 ton. Dan untuk tahun 2020 target produksi dinaikkan menjadi 49.000 ton, dan hanya sekitar 75 persen yang tercapai. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *