Diskop Sumenep Terus Tingkatkan Kualitas SDM Permebelan

  • Whatsapp
TERUS BERBENAH: Kepala Diskop Sumenep Fajar Rahman saat memberikan sambutan sekaligus pembinaan pada acara pelatihan mebel.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Berbagai kegiatan terus dilaksanakan oleh Dinas Koperasi (Diskop) Kabupaten Sumenep. Utamanya dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya sebagai penunjang dalam memajukan kuantitas dan kualitas koperasi-koperasi di Sumenep.

Kali ini, adalah pelatihan di bidang permebelan yang diselenggarakanmulai 26 hingga 29 Juli 2019.  Kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan tenaga kerja  itu, melibatkan 31 peserta dan dilaksanakan di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sumenep

Kepala Diskop Sumenep Fajar Rahman menjelaskan, bahwa pelatihan mebel merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pada sektor industri mebel, dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan sehingga menunjang nilai jual yang tinggi.

“Misalnya pada bekas potongan kayu itu yang telah dipotong-potong, dapat dibuat atau dirangkai sehingga menjadi tempat lampu hias, apalagi disertai dengan kualitas seni yang tinggi, bisa laku mahal nanti itu,” katanya dalam sambutan sebelum membuka pelatihan tersebut, kemarin (26/7/2019).

Fajar juga menyampaikan, pada pelatihan tersebut dapat mencetak kader-kader baru dalam dunia perabotan, sehingga ia menginstruksikan agar seluruh peserta benar-benar serius dalam mengikuti pelatihan keterampilan tersebut, baik yang sudah mempunyai dasar dalam dunia mebel atau masih belum sama sekali.

Sehingga, setelah pelatihan tersebut, dapat menghasilkan output yang nyata bisa dalam melestarikan usaha melalui sektor mebel.

“Biar tidak hanya Desa Karduluk saja yang terkenal dalam usaha mebel, biar paling tidak daerah lain juga ikut berkreasi sehingga peningkatan perekonomian juga merata nantinya,” lanjutnya.

Selain itu, Fajar melanjutkan,pelatihan keterampilan tersebut juga sebagai wujud dalam menjaga kelestarian usaha mebel, karena ketika bermunculan inovasi baru maka secara tidak langsung menarik perhatian orang banyak, sehingga secara otomatis nilai jualnya juga sangat tinggi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dia juga memantapkan diri bahwa akan memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya dalam bidang yang berkaitan dengan dunia koperasi. Pihaknya akan menjadi fasilitator dalam berbagai hal dengan tujuan agar dapat menunjang kemajuan perekonomian.

“Sejarah mebel di Sumenep itu tidak hanya di Karduluk saja, banyak daerah lain, tetapi itu tidak ada generasi penerus,  maka dengan pelatihan ini dapat kembali mencetak generasi baru dalam dunia mebel, kami akan membantu nanti, baik itu pemasaran maupun yang lainnya,” pungkasnya. (km48/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *