Diskop UM Bangkalan Janji Anggaran Pembinaan UMKM di Tahun 2022

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL) PERLU DIPERHATIKAN: Pembinaan bagi pelaku usaha di Kabupaten Bangkalan akan terselenggara di tahun 2022 nanti.

KABARMADURA.ID;BANGKALAN-Kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terhadap pelaku usaha perlu dioptimalkan. Sebab selama dua tahun, pelaku usaha tidak menerima program pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi dan UM Bangkalan Iskandar Ahadiyat mengaku, untuk tahun ini memang tidak ada anggaran pembinaan bagi para pelaku usaha. Sebab dana untuk pembinaan terkena refocusing penanganan Covid-19. Sebagai gantinya, akan memperjuangkan anggaran pembinaan bagi pelaku usaha di tahun 2022 nanti.

“Tahun ini tidak ada, kami tidak punya anggaran untuk pembinaan UMKM. Insyaallah kami upayak di tahun 2022 nanti,” janjinya, Kamis (7/10/2021).

Pihaknya menegaskan, pada dasarnya telah menganggarkan kegiatan pembinaan setiap tahun. Namun dalam 2 tahun terakhir ini, anggaran tersebut direfocusing untuk penanganan Covid-19. Sehingga instansinya tidak bisa melakukan pembinaan dan pelatihan UMKM lokal.

“Untuk tahun 2022 kami anggarkan sekitar Rp500 juta. Semoga tidak direfocusing lagi sehingga UMKM bisa meningkatkan produknya,” harapnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setkab Bangkalan ini menegaskan, UMKM hanya mendapat bantuan modal dari pemerintah. Tetapi pembinaan dan pelatihan juga penting dilakukan bagi pelaku usaha. Tujuannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk UMKM lokal.

“Harus dikembangkan agar dilirik sejumlah pembeli, baik dari dalam Bangkalan hingga luar Bangkalan. Karena tidak menutup kemungkinan konsumen akan mencari kualitas yang terbaik,” tutupnya.

Reporter: Fain Nadofatul M

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *