Diskop UM Sumenep Akui Belum Sosialisasikan Banpres

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) DIDISTRIBUSIKAN-Para pelaku usaha di Kabupaten Sumenep yang belum menerima bantuan presiden (banpres) tahun lalu akan diprioritaskan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Meski tahun ini data pengajuan bantuan presiden (Banpres) atau bantuan langsung tunai (BLT) tidak terbatas, Dinas Koperasi Usaha Mikro (Diskop UM) Sumanep masih belum mensosialisasikan atau mengumumkan secara resmi. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan UKM Diskop UM Sumenep Lisa Bertha Soetedjo, Senin (19/4/2021).

Menurutnya, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tahun ini akan kembali mendapatkan banpres. “Koutanya dari kementerian tidak dibatasi, tetapi memang kami baru selesai rapat dan belum disampaikan ke bupati, setelah itu baru diumumkan ke masyarakat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Bahkan,  jumlah nominal bantuan tetsebut berkurang, dari semula sebesar Rp2.400.000 menjadi Rp1.200.000. Sedangkan, tahun lalu yang diajukan melalui Diskop Sumenep terakumulasi sekitar 91 ribu. Meski yang diajukan tahun lalu, tahun ini masih ada kesempatan untuk kembali memperoleh bantuan.

Namun yang diprioritas adalah pengajuan baru. Sebab, pusat  pasti mempunyai data jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) tahun kemarin. “Sama-sama berpeluang kembali mendapatkan banpres lagi, tapi lebih diprioritas yang sama sekali belum mendapatkan bantuan dari pusat itu,” jelasnya.

Pihaknya juga masih belum bisa memprediksi jadwal pencairan bantuan. Namun yang pasti banpres untuk pelaku usaha tetap ada. Sebab, saat ini kondisi perekonomian masyarakat masih belum stabil. Apalagi  bantuan tersebut untuk peningkatan usaha masyarakat kecil.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Sumenep Juhari mengatakan, proses pengajuan banpres harus benar-benar  dikawal. Sebab, berkaca pada tahun sebelumnya banyak data bocor. Sehingga tidak diterima utuh oleh yang mempunyai hak.

“Data harus jelas dikaver Diskop Sumenep, kejadian yang kemarin tidak perlu terjadi lagi,” sarannya. (ara/ito)

Seputar Tentang Banpres 2021

* Besaran berkurang dari tahun sebelumnya

* Sebelumnya penerima memperoleh Rp2.400.000

* Saat ini penerima hanya memperoleh Rp1.200.000

* Banpres akan diprioritaskan bagi warga yang sama sekali belum pernah menerima bantuan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *