Diskop UM Sumenep Usulkan 5 Ribu Penerima Banpres

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) PROSESI: Bantaun Banpres UMKM yang cair tahun lalu. Tahun ini jumlah pemohon lebih sedikit dari sebelumnya.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Pengajuan bantuan presiden (banpres) atau bantuan langsung tunai (BLT) sudah final. Sementara jumlah pengajuan tahap kedua masih belum dipastikan terakomodir secara maksimal atau belum bisa dipastikan akan menerima semua.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil (UKM) Dinas Koperasi Usaha Mikro (Diskop UM) Sumenep Lisa Bertha Soetedjo menjelaskan, bagi pelaku UMKM tahun ini akan kembali mendapatkan banpres. Data pemohon sudah diajukan beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

“Jumlahnya yang mendaftar untuk 2021 usulan BPUM Diskop UM Sumenep sebanyak 5.486 UMKM, entah nanti jumlah akhirnya berapa tidak mesti jumlah yang bakal tercover,” katanya, Selasa (24/8/2021).

Dikatakan perempuan yang akrab dipanggil Berta itu, termasuk jumlah nominal bantuan tersebut berkurang, dari semula sebesar Rp2.400.000 menjadi Rp1.200.000. Per April 2021 kemarin pengajuan tahap pertama telah ditutup. Sementara untuk tahap kedua dari bulan Juni, artinya sudah terakomodir semua.

Menurutnya, meski yang diajukan tahun lalu, tahun ini masih ada kesempatan mendapatkan lagi, namun yang di prioritas adalah pengajuan baru.

“Persyaratan sama, semua berpeluang kembali mendapatkan banpres lagi, tapi lebih diprioritaskan yang sama sekali belum mendapatkan bantuan dari pusat itu,” imbuh dia.

Pihaknya juga masih belum bisa memprediksi realisasi bantuan tersebut. Namun yang pasti banpres untuk pelaku usaha tetap ada. Karena saat ini kondisi perekonomian masyarakat masih belum stabil. Apalagi bantuan itu untuk peningkatan usaha masyarakat kecil.

“Tahun lalu sekitar 9 ribu UMKM sekarang separuh,” pungkasnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *