oleh

Diskop UMKM Sumenep Tunggu Laporan Realisasi Bantuan Penguatan Modal

KABARMADURA.ID, Sumenep – Bantuan langsung tunai (BLT) terhadap pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) mulai direalisasikan. Hanya saja, Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Sumenep belum menerima laporan realisasi bantuan senilai Rp2,4 juta per UMKM. Hal ini diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil (UKM), Lisa Bertha Soetedjo, Selasa (06/10/2020).

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan masuk sebagai pemberitahuan terkait data yang sudah menerima bantuan sebagai penguatan modal bagi pelaku usaha di Kota Keris. “Kalau yang sudah cair sudah ada, tapi kan langsung ke perbankan kalau tidak BNI ya BRI, tapi kami belum terima laporan terkait yang sudah menerima. Selama ini ada yang melaporkan ada yang tidak,” ujarnya.

Bherta sapaan akrabnya, menegaskan pelaku usaha yang mendapatkan bantuan awalnya mengajukan permohonan penguatan modal usahanya. Namun pengajuan tersebut bukan hanya pada instansinya, melainkan proposal pengajuan juga bisa diserahkan ke pihak perbankan. Sedangkan  data yang mengajukan terhadap instansinya sekitar 16.581 UMKM.

“Hingga saat ini laporan atau pemberitahuan yang masuk hanya sekitar 7 ribuan UMKM  yang sudah terealisasi atau cair. Namun secara detail belum mendeteksi. Karena jumlah tersebut bukan hanya data dari kami, dari pemprov kami belum memberikan data rekapitulasi penerima,” imbuhnya.

Selain itu, masih banyak data penerima yang secara teknis masih tidak memenuhi syarat. Sehingga untuk sementara dilakukan pemblokiran. Namun pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak tergiur jika ada yang meminta pungutan dan menjanjikan segera cair. “Kami tidak ada yang meminta upah atau memungut apapun,” paparnya.

Sementara itu salah satu UMKM di Kabupaten Sumenep, Maimunah mengaku sampai saat ini belum menerima bantuan apapun. Sehingga pihaknya masih berharap. “Ya kalau ada pasti diterima, sejauh ini kami mengajukan, mungkin di tahap selanjutnya nanti kami memperoleh bantuan itu,” optimisnya. (ara/ito)

Komentar

News Feed