oleh

Diskop Usulkan Pelaku Usaha Mikro Dapat Bantuan Rp2,4 Juta

Kabarmadura.id/Sumenep-Bantuan hibah berupa uang tunai Rp2,4 juta terhadap pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19, di Sumenep masih dalam tahap proses pengajuan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Sumenep Sustono menyampaikan, bagi pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan bantuan hibah modal kerja tersebut, diharuskan mendaftarkan ke koperasi-koperasi yang berada di wilayahnya.

“Kami sudah menyampaikan bahkan sudah mengajukan dari para pelaku usaha kecil, baik itu di bawah naungan atau binan kami di Diskop atau yang lain. Yang terpenting ada usahanya,” katanya.

Dijelaskan, sesuai petunjuk pemerintah pusat, para pelaku usaha yang berhak menerima bantuan tersebut adalah para pelaku usaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable).

Sementara untuk persyaratannya, ungkap Sustoni, di antaranya adalah merupakan warga negara Indonesia (WNI), mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya, serta bukan ASN, anggota TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD.

“Jadi yang dimaksud usaha kecil itu mempunyai aset sebesar Rp50 juta dan mempunyai omzet sebesar Rp300 juta per tahun, bukan per bulan. Maka kami merekap dan kemudian mengajukan,” imbuhnya.

Ditambahkan mantan Sekretaris DPRD dan Dinas Perhubungan Sumenep itu, ada beberapa tahapan dalam proses pengajuan bantuan tersebut, sehingga sampai saat ini pihaknya masih terus menunggu pengajuan dari para pelaku usaha.

“Tahap pertama 911 orang atau pelaku usaha, tahap kedua 320, tahap ketiga 860. Jadi total yang sudah diusulkan adalah 2091. Tapi masa waktu masih ada sampai akhir bulan ini,” pungkasannya. (ara/ong)

Komentar

News Feed