Diskusikan Karya Chik Rini Bareng Janet Steel

  • Whatsapp
SERIUS: Janet Steel saat diskusi dengan para peserta kursus Jurnalisme Sastrawi.

Kabarmadura.id/JAKARTA-Janet Steel mengajar para peserta Jurnalisme Sastrawi dengan mengajak diskusi mereka tentang tulisan “Sebuah Kegilaan di Simpang Kraft” karya Chik Rini, wartawan perempuan asal Provinsi Nangro Aceh Darussalam.

Tulisan itu menceritakan tentang empat wartawan RCTI yang meliput tentang penembakan rakyat sipil di Simpang Kraft, Daerah Leuksumawe, Aceh. Tulisan itu ditulis secara kronologis dari awal sampai akhir, sejak mereka berempat memasuki Aceh sampai pascapenembakan yang menjatuhkan banyak korban sipil.

“Bagi saya lebih menarik dimulai dari saat Imam Wahyudi pergi saat menonton rekaman penembakan itu, mengapa ia pergi, itu akan luar biasa menurut saya,” ungkap Janet, Rabu (24/7).

Janet selalu menekankan struktur tulisan, struktur harus benar-benar dipikirkan sebelum menulis, data sudah ada. Ia mengemukakan tiga struktur narasi yang lumrah digunakan, struktur kronologis, anti klimaks, dan end to end.

Tulisan Chik Rini ini, menurut Janet, masuk ke kategori pertama, kronologis.

Profesor Jurnalisme asal Amerika Serikat itu memberi contoh stuktur end to end dari bukunya tentang sejarah Majalah Tempo “Wars Within”. Di sana, ia menggunakan struktur terakhir ini, bermula dari pembredelan Tempo pada masa Orde baru, lalu alur waktunya tidak  mengalir begitu saja, loncat ke depan dan ke belakang.

Khusus untuk tulisan Chik Rini, Janet mengaku  telah menyampaikannya secara langsung, namun Janet menegaskan kepada alumnus Pantau tersebut untuk tidak usah mengubahnya lagi. (mad/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *